Dawet sambal Nyi Ponirah, makanan unik dari Yogyakarta

brilio.net

Hallo kawan Brilio! Ada yang suka dengan Dawet? Dawet merupakan sajian khas indonesia yang biasa disajikan dengan es. Namun dawet yang satu ini berbeda dengan yang lain. Menu khas dari perbukitan Menoreh ini menggunakan sambal untuk menikmatinya. Dawet sambal Nyi Ponirah namanya. Dawet sambal Nyi Ponirah menjadi pionir sambal dawet di daerah setempat dan menjadi destinasi wisata kuliner di daerah Girimulyo, Kulonprogo.

Berawal dari ajakan sang kakak, Nyi Ponirah kini sudah 56 tahun berjualan dawet sambal. Dari ingin coba-coba meracik dawetnya agar berbeda, kini sajian ini sudah dikenal sampai luar kota dan dapat menjual puluhan sampai ratusan porsi seharinya. Dawetnya juga biasa dihidangkan di acara resmi pemerintahan setempat.

Keunikan lain yang menjadi ciri khas pada dawet sambal Nyi Ponirah pada bahan baku pembuat cendolnya, yang biasanya cendol menggunakan tepung beras namun di dawet sambal Nyi Ponirah ini menggunakan sari pati umbi tanaman ganyong yang ia dapatkan di sekitar rumahnya. Harga yang di tawarkan pun cukup murah, untuk satu porsi dawet sambal ini hanya dihargai Rp 4 ribu. Dawet sambal memiliki cita rasa manis, gurih dan sedikit pedas. Pembeli dapat membeli langsung kerumah maupun di pasar Cublak setiap Rabu dan Sabtu.

Tertarik untuk mencoba makanan khas perbukitan menoreh ini? Yuk langsung simak video lengkapnya.

(brl/lut)

Review

Selengkapnya