Tanpa sikat atau spons, ini cara hilangkan kerak dan ampas kopi di termos cuma pakai 1 bahan makanan

Tanpa sikat atau spons, ini cara hilangkan kerak dan ampas kopi di termos cuma pakai 1 bahan makanan
foto: Instagram/@ummanuh_

Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian banyak orang. Bukan tanpa sebab, minuman satu ini bisa memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari. Di sisi lain, gemar minum kopi terkadang membawa masalah tersendiri, terlebih jika minuman ini kerap dikemas dalam termos.

Lebih jelasnya, ampas kopi di botol termos bisa menjadi masalah yang mengganggu. Ampas kopi yang tersisa sering sulit dihilangkan, terutama jika sudah masuk ke dalam botol termos dengan leher sempit. Masalah ini tidak hanya mempengaruhi kualitas minuman berikutnya, tetapi juga dapat meninggalkan bau yang tidak sedap dan noda yang membandel.

Jika dibiarkan begitu saja, ampas kopi yang terperangkap di dalam botol termos dapat menempel di bagian dinging dan membentuk lapisan yang sulit dibersihkan. Dalam beberapa kasus, ampas kopi tersebut bahkan bisa mengerak, lho. Nah, kerak dan ampas kopi ini harus segera dibersihkan supaya botol termos bisa layak digunakan.

Namun membersihkan botol termos yang terkena kerak dan ampas kopi ini butuh perhatian khusus. Sikat botol dengan bulu yang panjang dan kuat sering kali menjadi solusi terbaik untuk mencapai sudut-sudut tersempit. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan sikat khusus ini dengan mudah.

Tapi tak perlu khawatir, ada metode sederhana yang bisa dilakukan jika ingin menghilangkan kerak dan ampas kopi di botol termos. Seorang pengguna Instagram @ummanuh_ membagikan cara membersihkan botol termos dengan beras. Pemilik akun menggunakan beras sebagai pengganti sikat untuk membersihkan kerak dan ampas kopi di botol termos.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya