Trik bersihkan perhiasan emas yang menghitam, ampuh bikin kinclong lagi cuma pakai 2 bahan dapur

Trik bersihkan perhiasan emas yang menghitam, ampuh bikin kinclong lagi cuma pakai 2 bahan dapur
foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Emas merupakan salah satu logam mulia yang paling digemari untuk dijadikan perhiasan. Kilau dan keindahannya membuat emas menjadi pilihan banyak orang untuk melengkapi penampilan. Meskipun dikenal sebagai logam yang tahan lama dan tidak mudah rusak, perhiasan emas juga bisa mengalami perubahan warna karena bisa menghitam.

Menghitamnya perhiasan emas sebenarnya bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satu penyebab utamanya adalah reaksi kimia antara emas dan unsur-unsur lain, seperti sulfur atau klorin yang seringkali ditemukan dalam lingkungan sehari-hari. Zat-zat ini bisa berasal dari udara, keringat, kosmetik, atau bahkan produk perawatan kulit yang digunakan sehari-hari.

Ketika perhiasan emas bersentuhan dengan bahan-bahan tersebut, lapisan tipis pada permukaan emas dapat bereaksi dan menyebabkan perubahan warna. Nah, untuk mengembalikan kilau emas, kamu perlu membawanya ke toko emas untuk diperbaiki lagi. Namun tentu butuh modal cukup banyak jika menggunakan metode tersebut. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan trik yang lebih sederhana dalam membersihkan emas yang menghitam agar kembali kinclong.

Seorang pengguna Facebook bernama Fitri Rahmawati pernah membagikan trik membersihkan perhiasan emas menghitam hanya dengan bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Jumat (23/8), bahan dapur yang digunakan adalah baking soda dan sabun cuci piring. Kedua bahan ini bisa ampuh menghilangkan kotoran yang ada di perhiasan emas, lho.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya