Tetap renyah dan antilembek, trik mudah merebus kangkung dan tauge untuk plecing ini bikin nggak pahit

Tetap renyah dan antilembek, trik mudah merebus kangkung dan tauge untuk plecing ini bikin nggak pahit
foto: Instagram/@chefgungun_handayana

Kangkung dan tauge adalah dua sayuran yang sering menjadi pilihan utama dalam berbagai hidangan, salah satunya adalah plecing. Plecing dikenal sebagai salah satu makanan khas Lombok yang memiliki rasa pedas dan segar. Selain sayuran, bahan utama plecing adalah sambal tomat yang khas.

Nah, sambal tomat plecing umumnya disantap dengan sayuran rebus, seperti kangkung dan tauge. Namun dalam beberapa kasus, kangkung dan tauge yang disajikan justru terasa pahit saat disantap. Hal ini biasanya terjadi ketika kangkung atau tauge tidak matang sempurna ketika direbus.

Di sisi lain, merebus kangkung dan tauge dalam waktu lama akan membuat teksturnya jadi lembek. Selain itu, warnanya juga berubah gelap. Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @chefgungun_handayana. Melalui salah satu video yang diunggah, chef sekaligus content creator ini mengaku hanya menggunakan trik khusus untuk merebus kangkung dan memasak tauge untuk plecing.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @chefgungun_handayana pada Kamis (17/10), kangkung dan tauge ini pada dasarnya perlu dimasak secara terpisah. Kangkung, yang memiliki tekstur agar padat, perlu direbus. Namun taugenya hanya perlu direndam saja.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya