Tanpa disikat dan direndam pemutih, ini trik hilangkan bintik jamur di guling supaya warna tak luntur

Tanpa disikat dan direndam pemutih, ini trik hilangkan bintik jamur di guling supaya warna tak luntur
Facebook/Fitri Rahmawati

Guling yang digunakan setiap hari dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur, terutama jika tidak dirawat dengan baik. Kelembapan yang terperangkap di dalam guling, terutama setelah digunakan dalam waktu lama atau jika guling tidak dikeringkan dengan benar, dapat memicu munculnya bintik jamur. Bintik-bintik ini tidak hanya merusak penampilan guling, tetapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi atau infeksi kulit.

Dampak lain yang ditimbulkan dari noda ini bahkan bisa lebih parah. Guling yang kotor dan penuh bintik jamur cenderung menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika sudah seperti itu, guling justru dapat mengurangi kualitas tidur dan memengaruhi kesehatan pernapasan, terutama bagi orang yang sensitif.

Guling yang terpapar jamur seperti ini seringkali dianggap tak layak digunakan. Alhasil, banyak orang kemudian membuangnya begitu saja. Padahal jika dicuci dengan maksimal, bintik jamur tersebut bisa hilang dan guling lebih nyaman digunakan kembali.

Seorang pengguna Facebook bernama Fitri Rahmawati pernah membagikan trik sederhana mencuci guling berjamur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan dan alat sederhana. Bahkan tanpa disikat atau direndam pemutih, guling bisa kinclong lagi, lho.

 

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya