Tanpa disikat, cara mencuci lap dapur hitam dan berminyak ini auto kesat lagi dalam 5 menit

Tanpa disikat, cara mencuci lap dapur hitam dan berminyak ini auto kesat lagi dalam 5 menit
foto: Instagram/@mikapratisha

Lap dapur termasuk barang yang wajib ada di rumah. Selembar kain ini biasa digunakan untuk mengelap atau membersihkan sejumlah permukaan dapur yang kotor. Namun seiring waktu, lap dapur yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan, minyak, dan kotoran bisa berubah warna menjadi hitam dan lengket karena minyak yang menempel. Kondisi ini tidak hanya mengurangi efektivitas lap dalam membersihkan, tetapi juga menimbulkan masalah kebersihan di dapur.

Penyebab utama lap dapur menjadi hitam dan berminyak adalah akumulasi lemak serta sisa makanan yang tidak sepenuhnya dibersihkan setelah digunakan. Minyak dari masakan, terutama yang berbasis lemak hewani, cenderung menempel kuat pada serat lap dan sulit dihilangkan hanya dengan dicuci biasa. Ditambah lagi, jika lap tidak dikeringkan dengan benar setelah digunakan, kelembapan dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang semakin memperburuk kondisi lap.

Jika kondisinya sudah hitam dan berminyak, banyak orang biasanya akan membuangnya begitu saja. Namun ada juga yang memilih mencucinya lagi agar bisa bersih dan digunakan. Sayangnya, dalam beberapa kasus, mencuci lap dapur seperti biasa tidak bisa benar-benar menghilangkan noda membandel sekalipun sudah disikat kuat.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @mikapratisha dalam mencuci lap dapur. Dilansir BrilioFood pada Jumat (23/8), metode yang digunakan bisa membuat noda membandel di lap dapur jadi lebih kinclong dalam 5 menit. Namun dia menggunakan sejumlah bahan dapur, yakni garam, baking soda, dan sabun cuci piring.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya