Tanpa diaron dulu, ini trik bikin nasi uduk agar hasilnya pulen, nggak keras, dan tahan lama

Tanpa diaron dulu, ini trik bikin nasi uduk agar hasilnya pulen, nggak keras, dan tahan lama
foto: Instagram/@aaron_laksana

Nasi uduk termasuk sebuah hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, nasi uduk menyajikan perpaduan rasa gurih dan harum. Tidak heran jika nasi uduk menjadi pilihan favorit banyak orang, baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Dalam proses pembuatannya, beras dimasak dengan santan yang kental dan dicampur dengan berbagai rempah seperti serai, daun salam, dan daun pandan. Kombinasi ini tidak hanya memberikan rasa yang lezat tetapi juga aroma yang memikat. Setelah matang, nasi uduk biasanya disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, tempe orek, telur dadar, sambal kacang, dan kerupuk.

Meski terlihat mudah, namun ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan nasi uduk. Agar hasilnya lebih pulen dan tahan lama, sebagian besar orang biasanya akan mengaron berasnya terlebih dahulu. Barulah kemudian, berasnya disiram dengan santan dan aneka bumbu rempah.

Bagi beberapa orang, mengaron beras terlebih dahulu cenderung merepotkan. Karena jika tekniknya kurang pas, nasi justru jadi keras dan nggak pulen. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang kemudian mencari cara lain dalam membuat nasi uduk agar hasilnya enak dan tahan lama. Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @aaron_laksana pernah membagikan trik sederhana dalam membuat nasi uduk yang lebih praktis.

Chef sekaligus konten kreator ini mengaku hanya mengandalkan rice cooker untuk membuat nasi uduk. Namun supaya hasilnya lebih pulen, nggak keras, dan bisa tahan lama, ada trik memasak yang harus diterapkan.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @aaron_laksana pada Senin (9/9), trik yang dilakukan adalah dengan memasak santannya terlebih dahulu. Nah, penggunaan santan yang matang akan membuat nasi uduk jadi lebih pulen meskipun berasnya tidak diaron terlebih dahulu. Selain itu, nasi uduk juga jadi lebih tahan lama.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya