Tak perlu disiram air panas, ini cara hilangkan kerak hitam di tatakan kompor agar kesat seperti baru

Tak perlu disiram air panas, ini cara hilangkan kerak hitam di tatakan kompor agar kesat seperti baru
Instagram/@danirapalace

Setiap memasak, tatakan kompor rentan terkena tumpahan minyak, kuah, atau bahan makanan yang bisa menyebabkan noda dan kerak hitam yang sulit dibersihkan. Akumulasi kotoran ini tidak hanya mengganggu estetika dapur, tetapi juga dapat memengaruhi efisiensi panas kompor. Hal tersebut tentu bisa membuat proses memasak menjadi kurang optimal.

Kerak hitam dan kotoran yang menempel pada tatakan kompor sering kali membutuhkan usaha ekstra untuk dibersihkan. Karena kerak itu terbilang membandel, penggunaan deterjen biasa tidak cukup efektif untuk menghilangkan lapisan minyak dan sisa makanan yang telah mengeras. Proses pembersihan biasanya melibatkan perendaman dalam air panas yang dicampur dengan detergen atau bahan-bahan khusus. Selain itu, tatakan kompor juga perlu digosok dengan sikat kasar agar benar-benar bersih.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya kamu nggak selalu harus menggunakan air panas untuk membersihkan tatakan kompor berkerak hitam ini. Seorang pengguna Instagram @danirapalace pernah membuktikan hal tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Saat hendak membersihkan tatakan kompor, dia memilih menggunakan bahan-bahan dapur saja.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @danirapalace pada Jumat (6/9), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan cuka saja. Yup,kedua bahan ini nantinya akan dicampur dan bisa mengangkat kerak hitam yang membandel sekalipun.

 

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya