Tak perlu campuran air panas, ini trik mengepel lantai agar semakin kesat dan tak ada genangan

Tak perlu campuran air panas, ini trik mengepel lantai agar semakin kesat dan tak ada genangan
foto: Instagram/@ruma.haqiqi

Mengepel lantai adalah salah satu kegiatan rumah tangga yang esensial untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumah. Lantai bersih tidak hanya memberikan kesan estetis yang menyenangkan, tetapi juga mencegah penyebaran kuman dan bakteri. Hal ini tentu dapat memengaruhi kesehatan penghuni rumah.

Terlepas dari pentingnya kegiatan ini, banyak orang merasa enggan untuk mengepel karena kerap dianggap sebagai tugas yang merepotkan dan memakan waktu. Salah satu alasannya adalah karena prosesnya yang cukup melelahkan. Mulai dari menyiapkan air dan deterjen, membilas kain pel, hingga menggosok seluruh permukaan lantai, semua tahapan ini membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Di sisi lain, mengepel lantai dengan susah payah terkadang tidak semerta-merta membuat rumah jadi bersih. Dalam beberapa kasus, lantai yang sudah dipel justru jadi buram, licin, atau bahkan penuh noda bekas genangan air, apalagi kalau lantai berbahan granit. Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang terkadang menggunakan trik khusus, misalnya dengan menggunakan air panas.

Nah, air panas ini biasanya akan dicampur dengan sabun pembersih lantai. Saat digunakan, campuran air panas ini memang bisa membuat lantai jadi lebih kesat. Namun sayangnya, jika hendak menggunakan air panas, kamu perlu memakai kain pel khusus. Jika menggunakan kain pel manual yang diperas dengan tangan, akan sangat mungkin terjadi kulit tangan terkena luka bakar. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menggunakan alternatif lain dalam mengepel lantai.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @ruma.haqiqi pernah membagikan alternatif tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku tidak menggunakan air panas atau campuran bahan lain untuk mengepel lantai. Namun ada satu bahan dapur yang diandalkan untuk membuat lantai granit di rumahnya bisa kinclong dan bening lagi setelah dipel.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya