Tak direndam air panas, cara bapak-bapak usir noda kerak tungku kompor ini cuma tambah 1 bahan dapur

Tak direndam air panas, cara bapak-bapak usir noda kerak tungku kompor ini cuma tambah 1 bahan dapur
foto: TikTok/@kota_dumaipesisir

Seiring pemakaian, tungku kompor bisa kotor dan berkerak. Salah satu alasan utama mengapa tungku kompor bisa kotor adalah akumulasi sisa makanan dan minyak. Saat memasak, tetesan minyak, remah makanan, dan residu lainnya dapat menempel di permukaan tungku. Jika tidak dibersihkan dengan baik, residu ini dapat mengeras dan sulit dihilangkan.

Tungku kompor yang kotor juga dapat menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat menjadi sumber kontaminasi makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Kebersihan tungku kompor menjadi kunci untuk mencegah infeksi dan penyakit yang disebabkan bakteri yang berkembang biak di area tidak bersih.

Makanya penting untuk membersihkan tungku kompor secara teratur. Selain jadi lebih higienis, memakai kompor dengan tungku yang bersih juga membuat kamu mudah memastikan bahwa panas didistribusikan dengan baik dan memasak jadi lebih efisien. Ada banyak cara untuk membersihkan tungku kompor yang dapat kamu coba di rumah.

Misalnya, tungku kompor bisa dibersihkan dengan air panas. Air panas dipercaya ampuh mengangkat noda membandel, terutama lemak yang menempel pada tungku kompor. Namun, pemilik akun TikTok @kota_dumaipesisir punya cara berbeda, nih. Bapak-bapak satu ini mengatakan, ia cuma butuh tambahan satu bahan dapur untuk mengembalikan tungku kompor berkerak jadi kinclong lagi.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya