Modal 2 bahan dapur, begini trik mengolah ikan patin supaya antiamis dan bebas bau lumpur

Modal 2 bahan dapur, begini trik mengolah ikan patin supaya antiamis dan bebas bau lumpur
Instagram/@chefgungun_handayana

Ikan patin bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang menggugah selera, seperti pepes, sup, asam pedas, dan masih banyak lagi. Ikan tawar ini rasanya gurih dan teksturnya lembut, jadi menu favorit banyak orang.

Namun, di balik kelezatannya, banyak orang kerap kesulitan saat hendak mengolah ikan patin. Bukan tanpa sebab, ikan patin memiliki bau amis dan aroma lumpur yang sulit dihilangkan. Bau amis pada ikan patin bisa sangat mengganggu, bahkan bisa merusak cita rasa hidangan.

Pada dasarnya, aroma tidak sedap ini berasal dari habitat asli ikan patin yang hidup di perairan tawar dengan kondisi tertentu. Bau amis ini tidak hanya mengurangi kenikmatan saat menyantapnya, tetapi juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang yang sensitif terhadap aroma tersebut. Oleh karena itu, mengolah ikan patin dengan cara yang tepat menjadi kunci untuk menyajikan hidangan yang sempurna.

Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengolah ikan patin. Salah satunya adalah trik dari pengguna akun Instagram @chefgungun_handayana. Melalui salah satu video yang diunggah, chef sekaligus konten kreator ini mengaku hanya menggunakan dua bahan dapur untuk menghilangkan bau amis dan aroma lumpur pada ikan pati. Dilansir BrilioFood dari Instagram @chefgungun_handayana pada Kamis (17/10), bahan dapur yang dimaksud adalah air jeruk nipis dan garam.

 

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya