Jangan langsung dibuang, begini trik menyelamatkan nasi mulai asam dan lembek agar bisa dikonsumsi

Jangan langsung dibuang, begini trik menyelamatkan nasi mulai asam dan lembek agar bisa dikonsumsi
foto: Instagram/@ummubalqishaura

Nasi yang dimasak di rice cooker sering kali menjadi pilihan praktis bagi banyak orang, namun tak jarang sebagian orang menemukan nasi yang justru basi. Salah satu keuntungan menggunakan rice cooker adalah kemampuannya untuk memasak nasi dengan cepat dan merata, tetapi proses ini juga memiliki risiko tersendiri.

Salah satunya adalah kelembapan dalam penyimpanan yang membuat nasi jadi basi dalam waktu singkat. Tanda-tanda nasi yang basi di antaranya adalah bau asam yang menyengat, tekstur yang lengket dan berair, serta munculnya jamur di permukaan nasi. Aroma asam biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan fermentasi, yang menandakan bahwa nasi tidak disimpan dengan benar setelah dimasak.

Selain itu, nasi yang sudah basi akan terasa tidak enak dan bisa memengaruhi kualitas hidangan yang disajikan. Penting untuk mengetahui cara menyimpan nasi dengan benar setelah dimasak agar terhindar dari masalah ini. Salah satunya dengan mendinginkan nasi sebelum menyimpannya dalam wadah kedap udara dan memastikan rice cooker tidak terlalu penuh saat memasak.

Namun jika kamu menghadapi nasi yang hampir basi (baru sedikit asam dan lengket), ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Alih-alih dibuang langsung, kamu bisa menyelamatkan nasi mulai asam dan lembek agar bisa dikonsumsi. Seorang pengguna Instagram @ummubalqishaura pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya