Jangan dibuang, ini trik ubah kulit udang jadi pasta kaldu awet hingga 3 minggu pakai 2 bahan tambahan

Jangan dibuang, ini trik ubah kulit udang jadi pasta kaldu awet hingga 3 minggu pakai 2 bahan tambahan
foto: Instagram/@mariskatracy

Ketika memasak udang di rumah, kebanyakan orang hanya akan mengambil bagian dagingnya. Sementara, kulit dan kepala udang disisihkan dan dibuang. Bukan tanpa sebab, pasalnya bagian kulit dan kepalanya memang kurang nikmat terlebih teksturnya yang tajam akan mengganggu ketika mengunyahnya.

Tak heran, kalau bagian ini sering dianggap sebagai limbah yang tidak berguna. Tetapi tahukah kamu kalau kulit dan kepala udang ini bisa dimanfaatkan jadi sesuatu yang lezat? Apalagi kalau bukan dibuat pasta kaldu. Pemilik akun Instagram @mariskatracy membagikan cara pembuatannya yang simpel lewat postingan videonya.

"Bisa dipakai untuk jadi pengganti micin, tuang 1 sendok teh pasta kaldu udang untuk tumisan, makanan berkuah dan lainnya. Rasanya jadi umami banget," ungkapnya.

Selain membuat masakan menjadi nikmat, proses ini juga akan membantu mengurangi masalah sampah makanan. Pemilik akun tersebut menjelaskan ada sebuah penelitian yang mengungkapkan jika 61 % sampah makanan berasal dari rumah tangga. Maka dari itu, penting buat mengolah sisa bahan makanan yang masih bisa diolah seperti kulit dan kepala udang ini.

Selain itu, tekstur kulit dan kepala udang tajam juga akan mengganggu dan bisa melukai kaki dan tangan pemulung.

"Kulit dan kepalanya dibuang, karena nggak semua orang suka dengan teksturnya yang tajam. Akhirnya menjadi sampah makanan dan bisa merusak lingkungan. Teksturnya yang tajam pun bisa melukai kaki dan tangan pemulung.”

"Daripada berujung jadi sampah, yuk kita olah kulit dan kepala udang jadi Pasta Kaldu Udang. Bisa jadi pengganti micin atau MSG nih. Pastinya bikin masakan jadi gurih alami," tulisnya dikutip BrilioFood dari akun Instagram @mariskatracy, Jumat (12/7).

 

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya