Jangan cuma dicuci, ini cara merawat sendok dan garpu stainless agar selalu mengilap dan bebas goresan

Jangan cuma dicuci, ini cara merawat sendok dan garpu stainless agar selalu mengilap dan bebas goresan
Instagram/@tsagana_24

Sendok dan garpu stainless memiliki keunggulan, yakni tahan karat, awet, dan tampilannya pun elegan. Nggak heran kalau peralatan makan berbahan stainless ini favorit banyak orang. Bahan stainless steel tidak hanya memberikan kekuatan dan daya tahan, tetapi juga menambah kesan modern serta bersih pada peralatan makan.

Namun, meskipun memiliki banyak kelebihan, sendok dan garpu stainless steel tidak luput dari masalah. Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada sendok maupun garpu stainless adalah muncul noda kusam. Paparan terhadap makanan asam, bahan kimia dari deterjen, serta proses pencucian yang tidak tepat dapat menyebabkan permukaan sendok dan garpu kehilangan kilau alaminya. Kusamnya permukaan sendok dan garpu ini tentu bisa mengurangi estetika.

Tapi tidak hanya itu, sendok dan garpu stainless steel juga rentan terhadap bekas goresan. Goresan ini bisa muncul akibat gesekan dengan alat makan lainnya saat penyimpanan atau penggunaan yang kasar. Bekas goresan tidak hanya merusak penampilan sendok dan garpu, tetapi juga bisa menjadi tempat berkembangnya kotoran dan bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat sendok garpu stainless steel agar tetap berkilau dan bebas dari goresan, serta memastikan alat makan tetap higienis sekaligus terlihat menarik.

Nah, untuk merawat sendok dan garpu stainless, mencucinya setiap selesai digunakan saja terkadang tidak benar-benar cukup untuk menghilangkan noda kusam atau goresan. Perlu proses pencucian lain yang dilakukan. Jika bingung, kamu dapat meniru metode yang digunakan pengguna Instagram @tsagana_24. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet ini merawat sendok dan garpu stainless dengan cara deep clean.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @tsagana_24 pada Rabu (11/9), deep clean yang dilakukan adalah dengan merebus sendok dan garpu stainless ini. Caranya, cukup siapkan air dalam panci. Lalu rebus sampai benar-benar mendidih.

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya