Cukup pakai 1 bumbu dapur, ini trik menumis terong agar warnanya tetap ungu dan tak menghitam

Cukup pakai 1 bumbu dapur, ini trik menumis terong agar warnanya tetap ungu dan tak menghitam
TikTok/@maretauye

Terong adalah salah satu buah yang bisa dimasak selayaknya sayuran. Terong sering digunakan dalam berbagai masakan karena teksturnya lembut dan kemampuannya menyerap rasa bumbu dengan baik. Dengan bentuknya yang unik dan warna ungu yang menarik, terong bisa menjadi hiasan indah dalam hidangan.

Sayangnya, banyak orang kesulitan memasak terong karena warnanya yang bisa berubah menjadi hitam. Yup, proses ini terjadi karena reaksi oksidasi, di mana daging terong yang terkena udara mulai berubah warna menjadi gelap. Hal ini bisa terjadi dengan cepat setelah terong dipotong atau dibiarkan terlalu lama sebelum dimasak dengan metode apapun, termasuk ditumis.

Padahal terong yang menghitam ini tidak hanya memengaruhi penampilan visual hidangan, tetapi juga bisa membuat terong kehilangan sebagian nutrisinya, terutama vitamin C yang rentan terhadap oksidasi. Oleh sebab itu, memasak atau menumis terong butuh trik khusus. Hal ini bertujuan agar nutrisi dan warnanya tetap ungu cerah, sehingga meningkatkan daya tarik hidangan.

Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @maretauye pernah membagikan trik menumis terong melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku menggunakan satu bumbu dapur untuk mencegah oksidasi. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @maretauye pada Kamis (29/8), bumbu dapur yang dimaksud adalah garam.

Tapi perlu diketahui bahwa penggunaan garam ini juga harus diperhatikan. Dalam video tersebut, garam akan dicampur dengan air untuk merendam terong. Caranya, cukup siapkan baskom berisi air dan garam. Lalu potong-potong terong dan langsung rendam dalam air garam selama 10 menit.

Merendam terong dalam air garam bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan sayuran tersebut menghitam karena garam memiliki kemampuan untuk menghambat proses oksidasi enzimatik. Oksidasi terjadi ketika enzim yang terdapat dalam terong, seperti polifenol oksidase, bereaksi dengan oksigen di udara. Reaksi ini mengakibatkan perubahan warna daging terong menjadi cokelat atau hitam.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya