Cara marinasi daging agar empuk dan bebas amis pakai 1 bahan minuman, ampuh tanpa direbus

Cara marinasi daging agar empuk dan bebas amis pakai 1 bahan minuman, ampuh tanpa direbus
foto: Instagram/@fahrunnizarf

Mengolah daging kerap jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Bukan tanpa sebab, protein hewani seperti daging sapi atau kambing memiliki tekstur yang alot. Saat dimasak asal-asalan, akan sangat mungkin teksturnya tetap alot meskipun daging sudah matang.

Pada dasarnya, memang butuh trik khusus untuk mengolah daging agar empuk. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan merebus daging berjam-jam. Namun selain direbus, kamu juga bisa memarinasi daging jika ingin membuat teksturnya lebih empuk.

Seorang wanita bernama Fahrunnizar Fitriyani pernah membagikan trik khusus marinasi daging agar empuk. Melalui akun Instagram @fahrunnizarf, dia mengaku menggunakan satu bahan minuman, yakni kopi. Nggak banyak yang tahu, kalau kopi ternyata mengandung enzim protease yang dapat memecah protein dalam daging. Oleh sebab itu, tekstur daging jadi lebih empuk ketika dimasak.

Penggunaan kopi ini tidak hanya berfungsi untuk mengempukkan daging, lho. Pada dasarnya, aroma kopi yang sedap bisa menetralkan bau amis pada daging. Nggak heran jika kemudian daging sapi jadi lebih mudah diolah tanpa khawatir ada sisa bau amis yang masih menempel.

"Awalnya mikir ini bakal rasa kopi nih dagingnya tapi ywdlah kopi kan enak ya, penasaran juga kan ya tongseng sapi rasa kopi. Tapi ternyata tidak sama sekali, tidak ada sedikitpun rasa kopi atau aroma kopinya dong, malah dagingnya empuk poll," terang Instagram @fahrunnizarf, dilansir brilio.net pada Rabu (17/7).

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya