Bisa awet 1 bulan, ini trik bikin gabin tape antitengik, legit, dan tak berminyak

Bisa awet 1 bulan, ini trik bikin gabin tape antitengik, legit, dan tak berminyak
foto: TikTok/@ellizharyati

Tape dikenal sebagai makanan fermentasi tradisional yang sangat populer di Indonesia. Makanan satu ini terbuat dari singkong atau beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Dengan cita rasa manis, sedikit asam, dan tekstur lembut, tape tidak hanya disukai sebagai camilan, tetapi juga sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai olahan kreatif.

Salah satu olahan tape yang cukup terkenal dan digemari adalah gabin tape. Menu satu ini memiliki rasa manis dari tape dan tekstur renyah dari gabin atau biskuit yang digunakan. Kombinasi unik ini menciptakan sensasi rasa yang kaya dan memuaskan di lidah setiap penggemarnya.

Proses pembuatan gabin tape cukup sederhana dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang gagal membuat gabin tape karena berminyak. Selain itu, gabin tape bisa berbau tengik jika tidak diolah dengan baik.

Lantas untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna TikTok @ellizharyati. Melalui salah satu video yang diunggahnya, pemilik akun mengaku punya teknik khusus saat membuat gabin tape agar hasilnya tak bau tengik. Gabin yang tak bau ini bisa awet dan disimpan sebagai stok camilan hingga 1 bulan, lho.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @ellizharyati pada Rabu (21/8), kuncinya adalah pada penggunaan tepung. Jadi tepung yang dipakai untuk campuran adonan tape harus disangrai terlebih dahulu. Hal ini akan membuat gabin tape tahan lama dan tak mudah tengik.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya