Auto bersih cuma ditekan, ini cara bersihkan noda lumut di selang dispenser agar higienis

Auto bersih cuma ditekan, ini cara bersihkan noda lumut di selang dispenser agar higienis
Instagram/@ruma.haqiqi

Selang dispenser merupakan komponen penting dalam sistem penyediaan air minum yang sering kali terabaikan perawatannya. Padahal, kebersihan selang dispenser sangat menentukan kualitas air yang dikonsumsi. Banyak orang abai begitu saja dan tidak membiarkan selang dispenser jadi kotor.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna dispenser adalah pertumbuhan lumut di dalam selang. Lumut ini tidak hanya mengganggu aliran air, tetapi juga dapat menyebabkan bau tidak sedap dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Umumnya, lumut tumbuh di selang dispenser karena kondisi lingkungan yang lembap dan minim sirkulasi udara. Selang yang terbuat dari bahan plastik atau karet, cenderung menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme, termasuk lumut. Terlebih lagi, air yang mengalir melalui selang sering kali mengandung partikel-partikel organik, yang bisa menjadi nutrisi bagi lumut.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, lumut akan terus berkembang biak dan menumpuk, sehingga mengganggu fungsi dispenser dan kualitas air yang dihasilkan. Bukan cuma itu, lumut yang tumbuh di selang dispenser juga menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut. Selang yang tersumbat oleh lumut akan menghambat aliran air, membuat dispenser bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko kerusakan mekanis.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembersihan dan perawatan selang secara berkala. Perawatan selang ini tidak melulu dengan menggosoknya dengan sikat, lho. Selang dispenser yang sudah berlumut bisa kamu bersihkan dengan mudah menggunakan alat lain. Seorang pengguna Instagram @ruma.haqiqi pernah membagikan penggunaan alat sederhana ini, untuk membersihkan selang dispenser yang berlumut.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ruma.haqiqi pada Senin (16/9), alat yang dimaksud adalah sendok besi. Jadi, sendok ini dijadikan sebagai pembersih yang bisa mengeluarkan lumut di selang dispenser. Namun supaya lumut tersebut mudah rontok, selang ini harus direndam terlebih dahulu.

 

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya