Bermodal 2 sampah dapur, ini trik mengubah kipas angin jadi lebih dingin dan wangi bak pakai AC

Bermodal 2 sampah dapur, ini trik mengubah kipas angin jadi lebih dingin dan wangi bak pakai AC
foto: YouTube/Maju Kreatif

Di negara tropis seperti Indonesia, pendingin ruangan, seperti kipas dan AC jadi barang elektronik yang sangat dibutuhkan. Fungsi utamanya yakni untuk menyejukkan ruangan dan tubuh saat cuaca sedang panas. Walau fungsi utamanya sama, namun kedua barang ini memiliki cara kerja berbeda.

Pada umumnya, kipas angin memiliki baling-baling yang akan menghasilkan angin di sekitar ruangan. Di sisi lain, cara kerja AC mirip dengan cara kerja kulkas, yaitu mendinginkan udara yang diserap melalui campuran proses fisika dan kimia, lalu menyebarkannya kembali keluar. Dibandingkan kipas angin, udara yang dihasilkan dari AC cenderung lebih dingin dan adem. Oleh sebab itu, harga AC juga jauh lebih tinggi dibandingkan kipas angin.

Sayangnya, tidak semua rumah bisa dipasang AC karena sistem kelistrikan atau struktur bangunan yang tidak memadai. Alhasil, jika cuaca sangat terik, banyak orang tidak bisa begitu saja menikmati udara dingin. Karena sekalipun diberi kipas, terkadang angin yang dihasilkan justru panas dan bikin gerah.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, seorang pengguna YouTube Maju Kreatif pernah membagikan trik sederhana untuk mengubah kipas angin jadi sedingin saat pakai AC. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan sampah dapur, lho.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (2/7), sampah dapur yang dimaksud adalah botol plastik. Dalam video tersebut, dia mengaku menggunakan dua buah botol plastik bekas yang ada di rumah. Nah, selain botol plastik, alat lain yang dibutuhkan adalah selang bekas, lem, solder, dan pisau cutter.

 

 

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya