Viral tabung gas elpiji mendesis langsung direndam air tuai cibiran, begini penjelasannya menurut ahli

Viral tabung gas elpiji mendesis langsung direndam air tuai cibiran, begini penjelasannya menurut ahli
TikTok/@anisabrownies

Brilio.net - Banyak orang ogah berurusan dengan gas elpiji, lantaran dianggap berisiko tinggi. Pasalnya, jika keliru saat menggunakannya, tabung gas bisa bocor dan menyebabkan ledakan sampai kebakaran. Tanda gas bocor bisa ditandai dengan munculnya suara desis dari tabung elpiji.

Di sisi lain, jika ada bau khas belerang di sekitar tabung gas elpiji juga memungkinkan gasnya bocor, lho. Saat mengalami hal ini, banyak orang awam jadi panik, seperti pengguna akun TikTok @anisabrownies. Lewat sebuah unggahan, wanita ini menampilkan caranya mengatasi tabung gas mendesis.

Video tersebut lantas viral dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, wanita ini punya cara tak biasa untuk mengatasi gas elpiji mendesis, yakni merendamnya di dalam baskom berisi air.

"ceritanya gas yg di kompor habis,, mw ke warung tanggung
jd pakailah gas yg buat oven gas
eh pas lepas regulator ngejeosss donk mana di rumah cuma aku dan anak2 az
mw di bawa keluar takut gas nya nyebar keruangan dan kena listrik
namanya panik ya pake ide yg ada di otak az
langsung rendem deh di bak isi air biar gas nya habis," tulis pemilik akun TikTok @anisabrownies di keterangan video, dikutip BrilioFood pada Rabu (26/6).

Viral tabung gas elpiji mendesis langsung direndam air tuai cibiran, begini penjelasannya menurut ahli

foto: TikTok/@anisabrownies

Sejumlah akun di media sosial juga sempat membagikan ulang video milik warganet bernama Anisa tersebut. Salah satunya akun Instagram @dekorasi_rumah_impian. Namun, aksi mengatasi tabung gas elpiji mendesis ini justru mendapat sejumlah cibiran dari warganet lain.

"Jujur itu lebih bahaya.. karna pernah kejadian sama persis kayak gitu di usaha saya yg lama..karyawan tidak tau penanganan gas bocor.. direndam lah kedalaamm air di kamar mandi.. tiba² selang beberpa menit timbul ledakan yg akhirnya membakar outlet kami.. dan karywan trsbut akhrnya meninggal krna terbkar oleh api yg tidak terlihat.. saran..kalau menemui hal srupa lebih baik tutup rapat dengan tangan saluran gas..dan segera pindahkan ke ruang terbuka yg aman. Selama di ruang terbuka inshaallah resiko rambatan gas ke hal pemicu api bisa diminimalisir..smoga bermanfaat," jelas Instagram @nunu.noenoe.

"Cara seperti ini salah ya ibu"....gas bocor GK langsung meledak kok, tabung gas yg bocor bawa k ruang terbuka,bukan di rendam dalam bak air karna gasny masih keluar dn memenuhi ruangan,apa bila tabung gas bocor buka semua jendela dan pintu,jgn panik ,gas BS meledak jika dalam ruangan sudah di penuhi gas,sedikit percikan api saja BS memicu ledakan,maka dari itu harus di bawa k ruang terbuka," tutur Instagram @champalet_15.

"harusnya di bawa ke lapangan terbuka karena air ga menyerap gas," tulis Instagram @bagusrizkisyahrial.

Viral tabung gas elpiji mendesis langsung direndam air tuai cibiran, begini penjelasannya menurut ahli

foto: TikTok/@anisabrownies

Di samping itu, di kolom komentar unggahan TikTok @anisabrownies, ada pula segelintir warganet yang membagikan pengalaman masing-masing saat berhadapan dengan tabung gas mendesis. Bahkan, seorang warganet mengaku pengalaman tersebut membuatnya trauma, lho.

"ini nih yg bkin sy trauma sm gas smp skrg..alhasil 3thun gag pake kompor lg skrg jd nya klo masak, aqu masak pake mejicom bun...lebih aman dan terbiasa jd nya skrg..mejicom 2..khusus nasi sm masak2 lauk," ungkap TikTok @adz271120.

"ak pernah gitu. gas bocor. ga terlalu bau soalnya. trs ak nyalain kompor. alhasil keluar api di lubang tabungnya, auto minta tolong tetangga karena hanya berdua ma anak," imbuh TikTok @sukaMasak.

Menyaksikan tabung gas elpiji bocormendesis memang bisa jadi pengalaman traumatis. Meski begitu, sebaiknya kamu pelajari dulu cara tepat mengatasinya agar tak panik saat mendapati tabung gas bocor di kemudian hari. Nah, kamu bisa mempelajarinya dari seorang warganet yang berprofesi sebagai petugas pemadam kebakaran (damkar) di akun YouTube Tamsil Danuarta.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mendapati tabung gas elpiji bocor, sudah pasti melepaskan regulatornya lalu menjauhkannya dari kompor dan benda-benda lain yang mudah terbakar. Selanjutnya, kamu bisa langsung membawa tabung gas tersebut ke luar rumah, lebih baik ke area luas dan terbuka.

Tetapi, jika tabung gas bocor tersebut sudah menghasilkan nyala api, segera ambil kain atau handuk. Basahi handuk dengan air, kemudian langsung bungkus tabung gas dengan handuk basah. Biarkan handuk tersebut selama beberapa menit sampai apinya benar-benar mati.

Viral tabung gas elpiji mendesis langsung direndam air tuai cibiran, begini penjelasannya menurut ahli

foto: YouTube/Tamsil Danuarta

Usai tabung gas kembali tenang, kamu bisa memeriksa sumber kebocoran dan mengatasinya sesuai kebutuhan. Biasanya, tabung gas elpiji bocor disebabkan oleh bagian katup yang tidak tertutup rapat, karet seal terlalu kaku, dan masih banyak lagi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya