Viral perpisahan anak SD bayar Rp 300 ribu, penampakan konsumsinya bikin wali murid protes

Viral perpisahan anak SD bayar Rp 300 ribu, penampakan konsumsinya bikin wali murid protes
TikTok/@awuudaily

Brilio.net - Pergantian masa sekolah menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang, baik itu siswa ataupun wali murid. Sering dianggap sebagai tonggak beranjak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pergantian masa sekolah biasanya dirayakan dengan acara perpisahan. Bagi sebagian besar siswa, acara perpisahan ini merupakan kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan teman-teman dan guru-guru.

Namun siapa sangka, ternyata tidak semua wali murid sepenuhnya puas dengan acara perpisahan. Salah satu yang menjadi petimbangan wali murid adalah biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk acara perpisahan siswa. Sama seperti curhat seorang wali murid siswa SD yang baru-baru ini sempat viral di media sosial. Awalnya ia menulisakan cuitannya melalui media X, tapi kini bisa viral dan diunggah ulang oleh beberapa akun media sosial lain, seperti TikTok maupun Instagram. Wali murid tersebut mengaku uang perpisahan siswa SD yang harus dirogoh mencapai Rp300 ribu persiswa. Alih-alih bisa menikmati acara dengan nyaman, ia justru mengeluhkan beberapa fasilitas yang kurang memadai.

Viral perpisahan anak SD bayar Rp 300 ribu, penampakan konsumsinya bikin wali murid protes

foto: TikTok/@awuudaily

"Malah jatuhnya kaya ngadain acara buat guru, panitia dan murid2 berprestasi aja. Bayar mahal tapi zonk fasilitasnya. Padahal semua murid bayarnya dgn harga sama," tulisnya dikutip BrilioFood dari unggahan TikTok/@awuudaily, Jumat (21/6).

Salah satu yang membuatnya kecewa adalah makanan yang disediakan selama acara perpisahan. Wali murid tersebut tak segan memperlihatkan nasi ayam geprek yang dibungkus menggunakan styrofoam. Menurut pengakuannya, di dalam anggaran tertulis konsumsi yang akan disediakan adalah nasi box, bukan ayam geprek dalam styrofoam. Bahkan wali murid itu mengaku baru menerima makanan pukul 11 siang, sementara acara sudah dimulai sejak pagi.

"yang nasi malah buat gurunya doang, gila sih ini," tulis akun tersebut yang diunggah ulang oleh TikTok @awuudaily.

Selain itu, ia juga terlihat keberatan dengan kudapan snack yang disediakan. Ia mengaku sempat mendapat informasi dari sang guru, jika biaya tersebut akan dianggarkan untuk snack wali murid dan siswa. Tetapi, alih-alih terbagi rata kepada para siswa juga, snack dengan tiga menu ditambah air mineral tersebut justru hanya dibagikan kepada wali murid saja.

"katanya dapet snack ibu dan anak, tapi anaknya ga dapet tuh snacknya, cuma ibunya doang," lanjutnya.

Viral perpisahan anak SD bayar Rp 300 ribu, penampakan konsumsinya bikin wali murid protes

foto: TikTok/@awuudaily

Tak hanya soal konsumsi, wali murid tersebut rupanya juga mengeluhkan lokasi perpisahan sekolah yang disediakan. Alih-alih di ruangan AC, ia memperlihatkan posisi siswa yang duduk dengan alas terpal, beberapa juga terpapar sinar matahari.

"apa ngga dikasi bangku?? bangku RT juga gapapa ini lesehan woy," katanya.

Wali murid tersebut kemudian menunjukkan lokasi duduk wali murid dengan tenda yang sebagian bolong. Menurutnya uang Rp 300 ribu dari setiap siswa itu tidaklah sebanding dengan fasilitas yang kurang memadai. Ia menyebut jika dihitung, biaya yang dijumlahkan untuk acara perpisahan siswa SD ini mencapai Rp27 juta. Sehingga ia berharap mendapat fasilitas yang lebih memadai. Terlebih lagi, biaya fotografer pun juga harus dibayar lagi.

"sesuai rapat 300rb itu include fotografer kan, tp masa mau foto kudu bauar lg 15rb," tandasnya.

Viral perpisahan anak SD bayar Rp 300 ribu, penampakan konsumsinya bikin wali murid protes

foto: TikTok/@awuudaily

Mengaku kesal dan kecewa, ia pun lantas protes kepada sang guru atau koordinator kelasnya. Jawaban koordinator kelas tersebut rupanya tak membuat ia puas. Ia menyebut bahwa sang koordinator kelas mengaku cukup lelah usai mengurus acara.

"gue marah bgt, di tlp korlasnya malah ga terima. katanya cape2 sy ngurusnya lah," tulisnya.

Keluhan warganet di X itu lantas ramai diperbincangkan usai diunggah oleh akun @awuudaily di TikTok. Bahkan telah ditonton sebanyak 3,6 juta kali dan 177 ribu komentar warganet. Tak hanya itu, unggahan dari X tersebut juga diposting ulang oleh akun @ratu.nyinyir.official di Instagram dan kini telah mendapat 181 komentar warganet.

Postingan itu sontak mendapat berbagai respons dari warganet, ada yang sepakat jika biaya tersebut terlalu mahal.

"Buset 300k mah bisa nyewa di gedung hotel kaya angkatan gw kemarin di hotel bintang 4 loh," tulis akun TikTok @wad.

"perpisahan ku kemarin per anak 150rb udah dapet jajanan,nasi box,jus juga buat nyewa kafe,murid di kelasku ada 27,masa 300rb duduknya diterpal,gaenak banget itu," kata akun TikTok @allyy.

"Pdhl kursi plastik murah bgt cuma 2rb/hari," tulis akun TikTok @mikaiLsatyaa.

Namun tak sedikit juga yang menganggap, dana tersebut cukup untuk membuat acara persiapan seperti itu. Jika mau lebih mewah, maka biaya yang dikeluarkan pun harusnya semakin mahal.

"bayar 300rb mau elite? mgkin yg di up yg gaenaknya doang," ucap akun Instagram @bach_fiana47.

"ya hari gini mau fasilitas ok bayar 1 juta dong," kata akunInstagram @nelysovia.

"maaaak, anakku bayar 900rb fasilitas ok," tulis akun Instagram @iedha.m.

Menurutmu, apakah sudah layak Rp300 ribu mendapatkan fasilitas beserta hidangan seperti itu?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya