Trik simpan sayur pakis ini bikin tampilannya tetap hijau, tak menghitam meski dibiarkan di suhu ruang

Trik simpan sayur pakis ini bikin tampilannya tetap hijau, tak menghitam meski dibiarkan di suhu ruang
foto: TikTok/@queen.oftea

Brilio.net - Sayur pakis merupakan bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan tradisional. Pakis tumbuh subur di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Tanaman ini memiliki bentuk melingkar yang unik dan dikenal kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Di berbagai daerah, sayur pakis diolah menjadi berbagai hidangan, mulai tumisan hingga gulai. Dengan tekstur lembut dan rasanya yang khas, sayur pakis kerap jadi menu makanan favorit banyak orang. Biasanya sayur pakis akan dikonsumsi dengan nasi putih hangat dan lauk-pauk yang menggugah selera.

Namun, meskipun popularitasnya tinggi, tidak semua orang familiar dengan cara mengolah pakis. Hal ini termasuk dengan proses penyimpanannya. Pasalnya, sayur pakis yang tidak disimpan dengan baik warnanya bisa menghitam. Kondisi seperti ini seringkali terjadi ketika pakis yang sudah dibeli, tidak langsung dimasak dan dibiarkan di suhu ruang dalam kondisi yang lama.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna TikTok @queen.oftea saat hendak menyimpan pakis. Dalam salah satu video yang diunggahnya, dia mulanya menunjukkan kondisi sayur pakis yang telanjur menghitam karena diletakkan di suhu ruang.

"Kalau dibiarin di luar, dia akan hitam dan membusuk," ujar TikTok/@queen.oftea dikutip BrilioFood pada Selasa (20/8).

Trik simpan sayur pakis ini bikin tampilannya tetap hijau, tak menghitam meski dibiarkan di suhu ruang

foto: TikTok/@queen.oftea

Lantas supaya hal tersebut bisa dihindari, dia mengaku tidak langsung menyimpan sayur pakis ke dalam kulkas. Namun sayur pakis diolah terlebih dahulu dengan cara direbus sebelum disimpan. Pertama, siapkan air dan rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan sayur pakis yang sudah dicuci bersih. Tak perlu terlalu lama, cukup rebus sayur pakis hingga setengah matang.

Trik simpan sayur pakis ini bikin tampilannya tetap hijau, tak menghitam meski dibiarkan di suhu ruang

foto: TikTok/@queen.oftea

Selanjutnya, tiriskan sayur pakis sampai airnya benar-benar habis. Barulah kemudian letakkan di wadah dan simpan dalam kulkas. Hal ini akan membuat sayur pakis jadi lebih awet dan warnanya tetap hijau cerah. Setelah disimpan di kulkas, sayur pakis bisa langsung dimasak seperti biasa. Karena sebelumnya sayur pakis ini hanya direbus setengah matang, jadi kamu tak perlu khawatir teksturnya lembek saat dimasak ulang.

Dengan cara pengolahan tersebut, dijamin hasil olahan sayur pakis jadi lebih menggugah selera. Pada dasarnya, merebus pakis membantu menghentikan aktivitas enzim yang dapat menyebabkan perubahan warna dan penurunan kualitas. Enzim ini bisa menyebabkan sayur menjadi cokelat dan kehilangan kesegarannya jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, proses pemanasan saat merebus pakis penting dilakukan untuk membunuh enzim-enzim ini, sehingga sayur tetap terlihat segar dan berwarna cerah.

Di sisi lain, merebus sayur pakis juga membantu mengurangi risiko pembusukan dan pertumbuhan bakteri yang dapat memengaruhi rasa dan penampilan sayur. Dengan menghilangkan mikroorganisme yang ada di permukaan pakis, sayur menjadi lebih tahan lama saat disimpan. Dengan teknik ini, pakis bisa tetap terlihat segar dan berwarna cerah saat disimpan dan dimasak ulang.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya