Trik simpan kentang kupas ini bikin warnanya tak berubah kecokelatan dan tetap cerah hingga 1 minggu

Trik simpan kentang kupas ini bikin warnanya tak berubah kecokelatan dan tetap cerah hingga 1 minggu
foto: Instagram/@vhe.veronicaa

Brilio.net - Kentang adalah bahan makanan serbaguna dan sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Tidak hanya sebagai bahan utama, kentang juga sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai masakan, seperti sup atau salad. Potongan kentang yang dimasak bersama dengan bahan lain dapat memberikan rasa dan tekstur yang berbeda dalam hidangan.

Banyaknya penggunaan kentang dalam masakan membuat bahan makanan satu ini kerap dijadikan stok di rumah. Namun agar lebih mudah digunakan, ada sejumlah orang yang menyimpan kentang dalam kondisi sudah dikupas. Yup! Menyimpan kentang kupas memang membuat proses memasak jadi lebih cepat dan praktis.

Sayangnya, kentang yang sudah dikupas bisa berubah warna dalam hitungan jam. Perubahan warna ini biasanya disebut dengan oksidasi yang disebabkan oleh enzim yang terdapat dalam kentang. Oksidasi terjadi ketika enzim dan senyawa fenolik dalam kentang bereaksi dengan oksigen udara. Proses oksidasi ini menyebabkan kentang berubah warna menjadi kecoklatan atau keabu-abuan. Oleh sebab itu, kamu perlu menyimpan kentang dengan cara khusus seperti yang dilakukan pengguna Instagram @vhe.veronicaa.

"Cara menyimpan kentang yang sudah dikupas perlu diperhatikan agar terjaga kesegarannya. Bahkan jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu lama, asal tahu cara menyimpan kentang yang sudah dikupas, hasilnya bahkan bisa awet," ujar Instagram @vhe.veronicaa dikutip BrilioFood pada Kamis (18/4).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya