Trik merebus ayam kampung agar cepat empuk dengan tambahan 1 jenis buah

Trik merebus ayam kampung agar cepat empuk dengan tambahan 1 jenis buah
foto: YouTube/Resep Noufy

Brilio.net - Daging ayam adalah bahan makanan populer yang kaya protein dan vitamin B6, baik untuk otak, saraf, dan kulit. Ayam kampung sering dipilih karena rasanya lebih gurih, meski mengolahnya bisa jadi tantangan karena teksturnya yang bisa menjadi alot.

Untuk mengatasi hal ini, ayam kampung bisa direbus terlebih dahulu. Banyak orang menambahkan bahan ke dalam air rebusan agar daging lebih cepat empuk, seperti daun nangka yang mengandung enzim protease untuk mengurai protein penyebab tekstur alot.

Namun, jika tidak ada daun nangka, jangan khawatir. Ada satu jenis buah yang bisa digunakan sebagai pengganti. Penasaran buah apa dan bagaimana caranya?

Dilansir BrilioFood dari TikTok @vitrianna123 pada Jumat (24/10), cuci terlebih dahulu ayam kampung yang akan diolah. Pastikan seluruh permukaannya sudah terbebas dari sisa darah ataupun kotoran yang menempel.

Apabila sudah, masukkan ayam kampung ke dalam wajan. Tambahkan air secukupnya dan bumbu sesuai selera. Dalam video tersebut, nampak warganet satu ini menggunakan bumbu kuning halus sebagai campuran air rebusannya. Nggak cuma itu, ia pun menambahkan potongan pepayamuda ke dalam wajan.

"gk usah dikupas di jamin cpt empuk," jelasnya.

Trik merebus ayam kampung agar cepat empuk dengan tambahan 1 jenis buah

foto: TikTok/@vitrianna123

Penambahan pepaya muda ini dipercaya dapat mengempukkan daging ayam kampung dengan cepat. Bukan tanpa alasan, pepaya muda juga memiliki kandungan enzim protease, sama seperti yang ada di dalam daun nangka.

Meski direbus secara bersamaan, kamu nggak perlu khawatir cita rasa ayam kampung akan jadi rusak. Menurut pemilik video, penambahan potongan pepaya muda ini tidak memengaruhi cita rasa lezat dari ayam kampung itu sendiri.

"pepaya muda tidak merubah cita rasa masakan..gk usah di buang kuah nya...rebus sama bumbu nya hasil nya .. daging nya empuk kuah nya tetap uenak," ungkapnya lebih lanjut.

Trik merebus ayam kampung agar cepat empuk dengan tambahan 1 jenis buah

foto: TikTok/@vitrianna123

Masak ayam kampung sampai jadi matang dan kuahnya menyusut. Jika dirasa sudah matang, matikan api kompor lalu sajikan masakan ayam kampung. Dengan cara ini, olahan ayam kampung terasa lebih nikmat. Selain karena bumbunya, tekstur ayam pun empuk saat dimakan.

[crosslink_1]

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya