Trik mengolah daging sapi agar empuk sempurna cuma pakai 1 jenis daun

Trik mengolah daging sapi agar empuk sempurna cuma pakai 1 jenis daun
foto: Instagram/@satekerang_khadeejah

Brilio.net - Mengolah daging sapi jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, daging sapi memiliki tekstur yang alot kalau diolah asal-asalan. Meski sudah dimasak dalam waktu lama, teksturnya tetap keras sehingga kenikmatannya berkurang.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja memarinasi daging sapi pakai nanas atau baking soda sebelum dimasak. Kedua bahan dapur ini dianggap bisa mengurai protein di daging sapi, sehingga teksturnya lebih empuk saat dikonsumsi nantinya.

Namun, kalau dimarinasi terlalu lama, daging sapi justru bisa hancur. Nggak cuma itu, pemberian baking soda juga merubah cita rasa asli daging sapi itu sendiri. Lantas bagaimana solusinya?

Cara bikin daging sapi empuk saat dimasak.

Seorang pengguna Instagram @satekerang_khadeejah menunjukkan metode lain yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging sapi. Tampak dalam unggahan videonya, warganet ini mengolah daging sapi jadi masakan berkuah.

Pertama, tumis terlebih dahulu bumbu merah ke dalam wajan. Kalau sudah harum dan matang, baru masukkan potongan daging sapi ke dalamnya. Aduk-aduk sampai tercampur sempurna. Lalu masukkan secara perlahan santan dan air, aduk-aduk lagi dan tunggu sampai mendidih.

Supaya tekstur daging cepat empuk, warganet ini tampak memasukkan 1 jenis daun, yakni daun nangka. Pastikan daun nangka yang dipakai sudah dicuci bersih terlebih dahulu, ya. Dalam unggahan videonya, warganet ini tampak menambahkan sekitar 3 lembar daun nangka.

Trik mengolah daging sapi agar empuk sempurna cuma pakai 1 jenis daun

foto: Instagram/@satekerang_khadeejah

Karena mau lebih komplet, ia juga tampak memasukkan potongan kentang sebagai campurannya. Aduk-aduk lalu masak sampai olahan daging sapi matang sempurna.

Trik mengolah daging sapi agar empuk sempurna cuma pakai 1 jenis daun

foto: Instagram/@satekerang_khadeejah

Kalau sudah matang sempurna, matikan api kompor. Sajikan olahan daging sapi ini dengan sambal dan sepiring nasi. Karena direbus bersamaan dengan daun nangka, tekstur daging sapi yang dihasilkan jadi empuk sempurna.

“Tekstur daging juga luar biasa. Meskipun bentuknya padat tapi tetap lembut dan enak,” ujarnya dikutip BrilioFood dari Instagram @satekerang_khadeejah pada Jumat (28/6).

Trik ini bisa kamu praktikkan saat mengolah daging sapi jadi masakan lainnya, ya. Caranya sama, tinggal campurkan daun nangka ke dalam air rebusan daging sapi. Usut punya usut, kandungan di dalam daun nangka ampuh mengempukkan berbagai jenis daging. Hal itu disampaikan oleh seorang warganet di kolom komentar video ini.

“Krn punya enzim di dalam getah daun nangka. fungsinya sama dg daun pepaya.. semua tanaman yg bergetah bisa digunakan untuk pengempuk daging. Tapi perlu dilihat tanaman tsb biasa dimakan manusia ato tidak,” tulis akun Instagram @rudju7.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya