Trik menggoreng telur dadar semakin keriting, langsung mengembang dalam 3 detik

Trik menggoreng telur dadar semakin keriting, langsung mengembang dalam 3 detik
foto: YouTube/Ika Mardatillah

Brilio.net - Buat yang nggak suka makan daging, telur bisa jadi bahan alternatif bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Nggak cuma enak, telur juga salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Apalagi dilansir dari healthline.com, telur juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, dan masih banyak lagi.

Telur bisa diolah jadi berbagai hidangan enak dan menggugah selera. Tapi kalau mau praktis, kamu bisa membuat telur dadar. Meski sederhana, hidangan satu ini cocok dijadikan lauk pendamping nasi dan berbagai sayur. Bahkan cuma diberi kecap saja, rasanya sudah istimewa.

Agar hasilnya keriting dan lebar, sejumlah orang sengaja menambahkan baking soda ke dalam kocokan telur. Meski begitu, kalau takarannya nggak pas, rasa telur dadar justru jadi pahit saat dimakan. Kelezatannya tentu jadi berkurang, kan?

Sebagai solusinya, kamu bisa meniru cara menggoreng telur dadar yang ditunjukkan oleh pengguna Instagram @sucywlingi. Di unggahan videonya, warganet ini tampak melakukan trik khusus agar hasil telur dadarnya keriting sempurna.

Cara membuat telur dadar keriting renyah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @sucywlingi pada Kamis (27/6), pecahkan terlebih dahulu 2-3 butir telur ke dalam mangkuk. Agar rasanya enak, jangan lupa tambahkan berbagai bumbu seperti garam dan kaldu bubuk, ya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Di sisi lain, tuang minyak goreng dalam jumlah banyak ke dalam wajan tunggu sampai panas.

Selanjutnya, pegang saringan di tangan sebelah kanan. Sedangkan, tangan sebelah kiri memegang mangkuk berisi telur dadar. Agar hasilnya keriting sempurna, tuang kocokan telur ke atas saringan secara perlahan.

Trik menggoreng telur dadar semakin keriting, langsung mengembang dalam 3 detik

foto: Instagram/@sucywlingi

Jangan lupa sambil goyangkan saringan agar hasil telur dadarnya berbentuk lebar. Nggak perlu waktu lama, telur dadar yang sudah masuk ke dalam minyak goreng panas langsung mekar sempurna. Dalam hitungan 3 detik, telur dadar tampak sudah memenuhi bagian wajan secara merata.

Trik menggoreng telur dadar semakin keriting, langsung mengembang dalam 3 detik

foto: Instagram/@sucywlingi

Tinggal tunggu bagian bawah telur dadar kering, lalu balikkan. Goreng telur dadar sampai kedua sisinya matang sempurna. Kalau sudah, matikan api lalu angkat dan tiriskan telur dadar.

Tanpa perlu tambahan bahan apapun dan hanya dalam waktu 3 detik, kamu bisa menghasilkan telur dadar yang keriting sempurna. Mau coba buat di rumah?

View this post on Instagram

A post shared by Suciati (@sucywlingi)

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya