Trik mengasah pisau blender agar tajam pakai satu bahan dapur

Trik mengasah pisau blender agar tajam pakai satu bahan dapur
foto: Pexels/Eva Bronzini

Brilio.net - Blender adalah salah satu peralatan dapur yang hampir setiap hari dipakai. Tidak hanya untuk jus, banyak orang juga mengandalkan blender untuk menghaluskan bumbu.

Karena sering digunakan, pisau di dalam blender berisiko tumpul. Hal ini tentu membuat proses penghalusan bahan makanan menjadi tidak maksimal. Jika ingin bahan makanan halus sempurna, kamu harus memblendernya dalam waktu lama. Namun, selain ribet, teknik tersebut malah menyedot daya listrik lebih banyak.

Mengetahui hal itu, kamu perlu mengasah pisau blender. Berbeda dengan jenis pisau biasa, pisau blender tidak bisa asal diasah. Alih-alih tajam, pisau blender malah bisa rusak dan patah jika sembarangan diasah.

Sebagai solusinya, banyak orang menggunakan cangkang telur untuk mengasah pisau blender. Tekstur keras dari cangkang telur bisa mengasah seluruh permukaan pisau blender yang tumpul. Meski jadi tajam, penggunaan cangkang telur terkadang menyisakan bau amis pada blender, sehingga kamu harus mencuci blender berulang kali.

Jika tidak mau repot, kamu bisa mempraktikkan cara yang dilakukan oleh warganet bernama Ahmad Harisman.

Di salah satu video yang diunggah di YouTubenya, ia memakai larutan garam untuk mengasah pisau blender. Penasaran bagaimana cara dan hasilnya?

Dilansir BrilioFood dari YouTube Ahmad Harisman pada Selasa (24/9), colokkan blender ke daya listrik. Jika sudah, buka blender lalu masukkan 3-4 sdt garam.

Trik mengasah pisau blender agar tajam pakai satu bahan dapur

foto: YouTube/Ahmad Harisman

Jangan langsung ditutup, tuangkan juga air secukupnya sampai memenuhi setengah tinggi gelas blender. Jika sudah, tutup rapat dan nyalakan blender.

"Blender seperti menghaluskan bumbu dapur lainnya, cukup 5 menitan aja," ungkapnya.

Trik mengasah pisau blender agar tajam pakai satu bahan dapur

foto: YouTube/Ahmad Harisman

Bentuk garam yang seperti kristal dan bertekstur keras dipercaya mampu membuat pisau blender kembali terasah secara maksimal. Pastikan lakukan cara ini secara rutin agar pisau blender jadi tajam maksimal.

Buka tutup blender jika sudah dinyalakan selama 5 menit. Buang larutan garam lalu bilas gelas blender pakai air biasa. Kalau mau bersih maksimal, gelas blender juga boleh dicuci pakai sabun cuci piring seperti biasa.

Pasang kembali gelas blender yang sudah dicuci bersih ke bagian mesinnya. Karena sudah tajam kembali, blender bisa langsung digunakan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan atau membuat jus.

Trik mengasah pisau blender agar tajam pakai satu bahan dapur

foto: YouTube/Ahmad Harisman

Mudah dan nggak butuh biaya banyak, kan?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya