Trik cepat mengeluarkan isi perut ikan dalam 30 detik, auto hemat tenaga tak perlu pakai pisau

Trik cepat mengeluarkan isi perut ikan dalam 30 detik, auto hemat tenaga tak perlu pakai pisau
foto: freepik.com

Brilio.net - Ikan menjadi salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Pasalnya, di Indonesia memang mudah sekali untuk menemukan ikan di mana-mana. Apalagi proses masaknya juga tergolong mudah. Kamu hanya perlu marinasi ikan dengan bumbu saja, lalu goreng dalam minyak panas. Setelah itu, ikan goreng pun jadi dan siap untuk disajikan, deh.

Sebagaimana diketahui, ikan juga kaya akan nutrisi kesehatan, salah satunya ikan yang berasal dari laut. Melansir dari kemenkes.go.id, ikan laut kaya akan vitamin A, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, protein dan mineral. Ikan bermanfaat untuk kesehatan mata, jantung, otak, hingga kulit. Tak heran kan, kalau banyak orang tua yang merekomendasikan seorang anak untuk mengonsumsi ikan?

Namun di balik itu, memasak ikan juga ada tantangannya. Salah satunya adalah mengeluarkan isi perut yang ada di dalam ikan. Isi perut ikan tak bisa dinikmati lantaran perut ikan cenderung berisi sisa-sisa makanan yang belum tercerna dan mengandung zat berbahaya jika tidak dibersihkan. Selain itu, perut ikan juga terasa pahit jika tak sengaja dimakan.

Untuk mengeluarkannya, biasanya orang-orang menggunakan cara membelah ikan menggunakan pisau. Nah, rupanya ada cara lain yang lebih efisien, lho. Cara ini dibagikan oleh pemilik akun Instagram @mvnnialwi. Bahkan, ia mengaku bisa membersihkan perut ikan dalam waktu 30 detik, lho.

"TIPS MEMBERSIHKAN IKAN HANYA 30 detik aja. SELAMAT MENCOBA YA," tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram @mvnnialwi, Selasa (25/6).

Alat yang perlu disiapkan untuk membersihkan isi perut ikan.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @mvnnialwi pada Selasa (25/6), warganet itu tampak ingin mengeluarkan isi perut ikan laut yaitu ikan peda. Ia lalu menyiapkan satu alat makan yakni sumpit makanan.

Caranya, siapkan ikan yang ingin kamu olah dan masukkan ke dalam wadah. Kamu juga bisa menyiapkan tempat sampah di dekatmu untuk membuang isi perut ikan.

Trik cepat mengeluarkan isi perut ikan dalam 30 detik, auto hemat tenaga tak perlu pakai pisau

foto: Instagram/@mvnnialwi

Lalu, pegang bagian perut ikan dengan tangan kiri. Ambil sumpit makan yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa menggunakan sumpit makan berbahan kayu agar tidak licin. Kemudian masukkan sumpit makan ke dalam mulut ikan sampai menjangkau bagian perut. Lalu, guncangkan badan ikan sembari putar-putar sumpit dengan tangan. Pastikan kotoran yang ada di dalam perut sudah terlepas. Setelah itu, tarik kotoran di dalam perut dengan sumpit makanan, dan keluarkan melalui mulut ikan.

Trik cepat mengeluarkan isi perut ikan dalam 30 detik, auto hemat tenaga tak perlu pakai pisau

foto: Instagram/@mvnnialwi

Tak sampai 30 detik, warganet tersebut berhasil mengeluarkan isi perut ikan dengan sumpit makanan. Melihat dari kolom komentar, banyak warganet lain yang mengaku berhasil mengeluarkan isi perut ikan menggunakan trik yang sama.

Tetapi, tak sedikit juga yang khawatir jika trik ini akan membuat empedu ikan pecah. Pasalnya, jika pecah tentu akan membuat daging ikan menjadi pahit. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu bisa memanfaatkan air dan dimasukkan ke dalam mulut ikan. Seperti cara yang dibagikan oleh akun @saviranunggraini di kolom komentar.

"masukin air di mulut ikannya bun, trus di guncangkan badannya lalu keluarkan airnya dr mulut pasti keluar tu isi perut smuanya," tulis akun Instagram @saviranunggraini.

Nah, selain menggunakan sumpit, kamu juga bisa memakai gunting untuk mengeluarkan isi perut ikan. Caranya, masukkan ujung gunting ke mulut ikan. Lalu, tarik insang sampai ke isi perut ikan. Trik ini juga berhasil dibagikan oleh salah seorang warganet.

"lebih mudah lagi pke gunting mom, gunting mulut ikan, masukin ujung gunting ke mulut ikannya, tarik insang sampe ke isi perut ikannya, bersih deh," tulis @ressins.

Nah, itu dia trik untuk mengeluarkan isi perut ikan. Tertarik untuk mencoba?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya