Trik aman membersihkan bunga es di freezer tanpa dicairkan

Trik aman membersihkan bunga es di freezer tanpa dicairkan
foto: YouTube/Love IceBerg

Brilio.net - Fenomena bunga es di dalam freezer sudah menjadi hal yang lumrah. Freezer kulkas pada dasarnya mengandung uap air. Saat uap air tersebut bertemu dengan suhu freezer yang rendah, maka muncullah bunga es di setiap sisinya.

Walau bisa menurunkan suhu di dalam freezer, bunga es juga menjadi permasalahan yang cukup menyebalkan, terutama jika jumlahnya banyak dan menumpuk. Jika freezer tidak dibersihkan secara rutin, bunga es ini bisa menebal dan bahkan menimbun bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Selain itu, bunga es yang menumpuk juga membuat pintu freezer sulit ditutup rapat.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan bunga es secara berkala. Sebagian besar orang biasanya akan membiarkan bunga es mencair agar lebih mudah dibersihkan dan tidak merusak kulkas. Hal ini bisa dilakukan dengan mencabut daya listrik kulkas lalu membiarkan bunga es mencair.

Selain mencabut daya listrik, ada juga yang menggunakan air hangat. Bunga es di dalam freezer akan disiram dengan air hangat agar cepat mencair. Walau ampuh, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya air hangat tidak mengenai mesin lain di kulkas.

Supaya lebih aman, kamu bisa mengikuti trik sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Love IceBerg. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia hanya menggunakan satu alat dapur. Alat ini cenderung tumpul, sehingga aman digunakan dan tidak merusak dinding freezer.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Love ICE pada Rabu (25/9), alat yang dipakai adalah sendok sayur berbahan stainless steel. Dalam video tersebut, pengguna YouTube Love IceBerg mulanya hendak membersihkan bunga es menggunakan sekop kecil pembersih bunga es. Saat ditekan-tekan, bunga es yang keras justru sulit terlepas.

Trik aman membersihkan bunga es di freezer tanpa dicairkan

foto: YouTube/Love IceBerg

Akhirnya, pengguna YouTube tersebut mengambil sendok sayur, lalu mengetuk-ketuk bunga es yang berada di bagian atas freezer. Seketika bunga es yang menempel langsung rontok. Selain itu, ketukan tadi juga menimbulkan celah antara bunga es dan dinding freezer. Nah, bunga es yang sudah mulai longgar ini bisa dicongkel perlahan dan diambil langsung menggunakan tangan.

Trik aman membersihkan bunga es di freezer tanpa dicairkan

foto: YouTube/Love IceBerg

Kemudian bunga es yang rontok bisa langsung diambil dan dibersihkan. Kamu bisa mengeruk rontokan bunga es ini menggunakan sendok sayur tadi. Lakukan proses seperti ini sampai bunga es di freezer benar-benar habis dan bersih, ya.

Trik aman membersihkan bunga es di freezer tanpa dicairkan

foto: YouTube/Love IceBerg

Cara membersihkan bunga es seperti ini cenderung lebih aman dan mudah, lho. Dibandingkan menggunakan pisau atau alat tajam lain, sendok sayur lebih aman digunakan, nih. Dengan begitu, bisa meminimalisir adanya kebocoran atau goresan di dinding freezer.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya