Tetap renyah tanpa direndam air kapur sirih, pria ini punya trik bikin keripik pisang antigagal

Tetap renyah tanpa direndam air kapur sirih, pria ini punya trik bikin keripik pisang antigagal
foto: Instagram/@mattsfitchef

Brilio.net - Salah satu olahan pisang yang paling digemari adalah keripik. Keripik pisang merupakan camilan renyah yang memiliki rasa manis atau gurih. Bumbu yang digunakan bisa sangat beragam, sehingga membuat jenis keripik pisang cukup variatif.

Dilihat dari segi pembuatannya, keripik ini dibuat dengan mengiris tipis pisang yang masih mentah. Irisan keripik ini lantas direndam dalam air kapur sirih sebelum kemudian siap digoreng. Penggunaan kapur sirih dinilai bisa membuat keripik jadi lebih renyah dan bebas getah.

Namun bagi sebagian orang, proses ini cenderung merepotkan dan membutuhkan waktu lebih banyak. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang kemudian memilih membeli keripik pisang matang. Padahal sebenarnya, ada sebuah trik sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat keripik pisang dengan lebih praktis, cepat, dan tentunya antigagal.

Trik membuat keripik pisang praktis ini pernah dibagikan oleh seorang pria pemilik akun Instagram @mattsfitchef. Melalui salah satu video yang diunggah, konten kreator masakan ini mengaku tidak menggunakan air kapur sirih. Namun ada satu bahan tambahan yang digunakan untuk membuat tekstur pisang jadi lebih renyah dan warnanya pun tidak menghitam.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @mattsfitchef pada Minggu (1/9), bahan tambahan yang digunakan adalah air lemon. Pada dasarnya, air lemon bisa membantu dalam proses pengeringan pisang saat dimasak, sehingga membuat tekstur keripik lebih renyah. Di sisi lain, kandungan asam dalam air lemon menghambat proses oksidasi, sehingga irisan pisang tetap berwarna kuning cerah, bahkan setelah dimasak.

Sementara itu, proses pengolahan keripik juga tidak dilakukan dengan cara digoreng. Pengguna Instagram tersebut memilih untuk mengeringkan pisang dalam oven. Meskipun begitu, hasil akhir keripik pisang tetap kuning dan renyah seperti halnya saat digoreng.

Lebih jelasnya, siapkan pisang setengah matang. Tanda pisang setengah matang biasanya memiliki kulit berwarna kuning dan rasa dagingnya manis, namun teksturnya tidak lembek. Kondisi pisang seperti ini akan menghasilkan keripik yang manis dan renyah.

Tetap renyah tanpa direndam air kapur sirih, pria ini punya trik bikin keripik pisang antigagal

foto: Instagram/@mattsfitchef

Setelah itu, iris-iris pisang dengan ukuran kecil, sekitar 1/8 inci. Jika lebih tipis, keripik yang dipanggang akan mudah gosong sebelum matang. Di sisi lain, jika terlalu tebal, keripik bisa jadi alot dan tidak renyah. Sekalipun bisa matang, bagian dalam keripik biasanya masih mentah.

Tetap renyah tanpa direndam air kapur sirih, pria ini punya trik bikin keripik pisang antigagal

foto: Instagram/@mattsfitchef

Selanjutnya, panaskan oven hingga 95°C dan lapisi loyang dengan kertas roti. Lalu tata irisan pisang di atas loyang tadi. Barulah kemudian olesi bagian atas pisang dengan air lemon. Jika sudah, oven atau panggang pisang selama 1 jam. Setelah 1 jam, balik pisang dan panggang lagi hingga 30 menit.

Tetap renyah tanpa direndam air kapur sirih, pria ini punya trik bikin keripik pisang antigagal

foto: Instagram/@mattsfitchef

Nah, keripik pisang yang sudah dioven ini bisa dibiarkan dulu sampai dingin. Setelah dingin, keripik pisang akan semakin renyah dan padat. Dengan begitu, kamu bisa menyantap keripik pisang langsung atau bisa juga ditambahkan aneka perasa, seperti gula atau penyedap.

Unggahan tentang trik bikin keripik pisang ini telah ditonton lebih dari 14 juta kali di Instagram. Nggak heran jika kemudian ada banyak warganet yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar pengguna Instagram ini mengaku tertarik untuk mencoba langsung trik tersebut.

"I will try this (aku akan coba ini)," sahut Instagram @izzyskitchen_.

"I did not know this! But so going to try it (aku belum pernah tahu cara ini. Tapi bakal dicoba, sih)," papar Instagram @brisbanefoodlovers.

" no way! Have to try this… would have thought you’d need loads of oil (mustahil! Harus coba ini… pasti mengira kamu akan membutuhkan banyak minyak)," kata Instagram @stevie_sharing_vegan.

"MMMMMMM, I am gonna have to try this (mmm aku akan coba ini)," tulis akun Instagram @kitkatsplatkg.

"Amazing idea thanks! (ide cemerlang, terima kasih)," komentar akun Instagram @holistischgesundglutenfrei.

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya