Tetap hijau 1,5 bulan, ini trik simpan daun bawang agar tak busuk, layu, dan aromanya awet segar

Tetap hijau 1,5 bulan, ini trik simpan daun bawang agar tak busuk, layu, dan aromanya awet segar
YouTube/Dhasilfa Raditya

Daun bawang dikenal dengan aromanya yang segar dan rasanya ringan. Aroma dan rasa tersebut membuat daun bawang menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Rempah daun satu ini memiliki peran penting sebagai penyedap alami yang memberikan sentuhan akhir pada hidangan. Tak hanya digunakan sebagai bumbu, daun bawang juga sering dijadikan hiasan yang menambah keindahan dan kelezatan makanan.

Banyaknya manfaat daun bawang membuat bahan makanan ini seringkali dijadikan stok di dapur. Sejumlah orang biasanya akan membelinya dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan. Sayangnya, daun bawang ini tidak bisa disimpan asal-asalan karena sifatnya yang mudah layu atau bahkan menguning.

Padahal daun bawang yang layu dan menguning ini cenderung menurun kualitasnya. Saat digunakan, aroma daun bawang tak lagi segar. Hal ini tentu bisa memengaruhi hasil masakan yang dimasak dibuat dengan campuran daun bawang.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada sebuah trik yang bisa dilakukan saat menyimpan daun bawang. Trik ini pernah digunakan oleh warganet pemilik akun YouTube Dhasilfa Raditya. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa menyimpan daun bawang agar tetap hijau selama 1,5 bulan lamanya.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Dhasilfa Raditya pada Selasa (27/8), cara yang dilakukan adalah dengan menyimpan daun bawang dalam freezer. Namun tidak langsung dimasukkan begitu saja, daun bawang ini harus dibersihkan dan dipotong terlebih dahulu agar lebih mudah digunakan nantinya.

 


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya