Tanpa sitrun, ini cara bersihkan kerak dan lemak di corong burner kompor pakai 3 bahan sederhana

Tanpa sitrun, ini cara bersihkan kerak dan lemak di corong burner kompor pakai 3 bahan sederhana
foto: Instagram/@lia_melisa91

Brilio.net - Corong burner kompor adalah komponen penting yang seringkali luput dari perhatian, padahal peranannya sangat vital dalam menjaga efisiensi dan kualitas pembakaran pada kompor gas. Bentuk dan desain corong burner dirancang untuk mendistribusikan gas secara merata serta memastikan api yang dihasilkan stabil dan konsisten. Hal ini memungkinkan proses memasak menjadi lebih efisien dan hasil masakan matang sempurna.

Namun, seperti halnya komponen dapur lainnya, corong burner tidak luput dari masalah. Dalam beberapa kasus, corong burner sering mengalami penyumbatan akibat penumpukan kotoran dan residu makanan yang terbakar. Penyumbatan ini dapat menyebabkan aliran gas terganggu dan menghasilkan api yang tidak merata, bahkan bisa berujung pada kebocoran gas yang berbahaya.

Menjaga kebersihan dan kondisi corong burner sangatlah penting untuk memastikan kinerja kompor tetap optimal dan aman digunakan. Namun jika corong burner kompor telanjur kotor dan bahkan berkerak, kamu harus segera membersihkan. Karena keraknya membandel, sejumlah orang biasanya akan menggunakan sitrun untuk membersihkan kerak di corong burner kompor.

Tapi selain dengan sitrun, kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang lebih sederhana untuk membersihkan kerak corong burner kompor. Bahan sederhana ini pernah digunakan oleh pemilik akun Instagram @lia_melisa91 melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bahan sederhana tersebut bisa ampuh membuat corong burner kembali kinclong, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya