Tanpa perlu direndam air panas, ini trik cepat cuci alat makan dari lemak daging dan bau amis

Tanpa perlu direndam air panas, ini trik cepat cuci alat makan dari lemak daging dan bau amis
YouTube/AsepDroid

Brilio.net - Membersihkan alat makan yang terkena noda lemak daging dan bau amis, menjadi tugas yang cukup menantang. Sisa lemak seringkali menempel kuat, membuat piring dan peralatan makan terasa berminyak, meskipun sudah dicuci beberapa kali. Selain itu, bau amis dari makanan laut atau daging juga bisa sulit dihilangkan, terutama jika hanya menggunakan metode cuci biasa.

Banyak orang beranggapan cara paling efektif membersihkan peralatan makan dari lemak dan bau amis, adalah dengan merendamnya dalam air panas. Namun, metode ini tidak selalu praktis, terutama saat waktu terbatas atau jumlah peralatan makannya cukup banyak. Selain itu, peralatan dari plastik atau bahan lain yang mudah rusak oleh suhu tinggi.

Untungnya, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membersihkan alat makan dari noda lemak dan bau amis tanpa harus repot-repot merendamnya dalam air panas. Tetapi, berbeda dengan warganet bernama Asep, lho.

Lewat unggahan di YouTube pribadinya AsepDroid, ia menjelaskan, ada satu cara lagi yang nggak kalah mudah. Bahkan, cara ini tak hanya bisa menghilangkan sisa lemak daging dan bau amis, tapi juga noda lainnya.

"Cara ini sudah biasa saya lakukan saat mencuci piring bekas goreng daging, goreng ikan dan minyak lainnya. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak yang menempel pada piring dan gelas," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube AsepDroid pada Kamis (19/9).

Siapkan mangkuk atau wadah yang biasa dipakai untuk meletakkan sabun saat cuci piring. Kemudian, isi dengan sabun cuci piringsecukupnya dan tambahkan pula perasan jeruk nipis. Asep menggunakan satu buah jeruk nipis saja. Lalu, tambahkan air secukupnya.

Nah, jeruk nipis dapat berperan baik membantu proses mencuci piring dari noda yang sulit jadi gampang dibersihkan. Dilansir dari coscharisgroup.net, jeruk nipis mengandung kadar asam yang cukup tinggi, sehingga mampu melarutkan noda lemak daging, bau tak sedap, dan lain sebagainya yang membandel sekalipun.

Tanpa perlu direndam air panas, ini trik cepat cuci alat makan dari lemak daging dan bau amis

foto: YouTube/AsepDroid

Usai semua bahan pembersih diaduk rata, langsung gunakan untuk mencuci semua alat makan yang ingin dibersihkan seperti biasa. Kalau sudah, tinggal dibilas di bawah air mengalir. Dijamin, kalau sudah pakai cara ini, noda di alat makan benar-benar luntur dan bebas bau.

Tanpa perlu direndam air panas, ini trik cepat cuci alat makan dari lemak daging dan bau amis

foto: YouTube/AsepDroid

Gimana, sekarang sudah nggak perlu repot lagi kan saat mencuci alat makan yang penuh lemak sekalipun? Menilik unggahan milik YouTube AsepDroid, memang belum terdapat komentar dari warganet. Meski begitu, unggahan ini sudah cukup ramai mendapat atensi, terbukti dari viewersnya yang sudah lebih dari empat ribu kali.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya