Tanpa pakai tepung, ini trik agar bawang goreng tetap renyah dan tahan sampai 1 bulan

Tanpa pakai tepung, ini trik agar bawang goreng tetap renyah dan tahan sampai 1 bulan
Instagram @resep_inspirasi_debm

Brilio.net - Bawang goreng seringkali dijumpai dalam berbagai masakan. Biasanya, bawang goreng dijadikan topping dalam setiap masakan nusantara, seperti kupat, soto, rawon, nasi goreng, dan banyak lagi. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, membuat bawang goreng cocok ditaburkan di atas sajian makanan. Bahkan tak sedikit orang suka makan nasi panas dengan bawang goreng lho.

Ada juga nih, orang menjadikan bawang goreng sebagai camilan. Lantaran tingginya peminat akan bawang goreng, sejumlah orang kemudian menjadikan ini sebagai bisnis. Hasilnya, bisnis ini laku keras, ditambah dengan berbagai macam rasa, ada bawang goreng rasa BBQ, balado, sapi panggang, dan banyak lagi.

Barang goreng ada 2 jenis. Pertama adalah dari bawang mewah, kedua dari bawang putih. Dari segi tekstur, keduanya punya perbedaan, lho.

Bawang merah goreng cenderung memiliki tekstur tipis, berlapis-lapis, dan garing. Selain itu, juga punya cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Jadi, bawang merah goreng ini cocok disantap bersama nasi goreng, mi goreng hingga ijadikan camilan.

Berbeda dengan bawah putih goreng, bawang putih goreng memiliki tekstur yang sedikit lebih keras, tetapi tetap renyah. Dari segi rasa, bawang putih goreng memiliki rasa yang gurih dan sedikit pahit. Hal ini membuat bawang putih goreng kurang cocok dijadikan camilan. Namun, bawang putih goreng cocok disantap bersama menu berkuah seperti sup atau soto.

Bawang goreng yang nikmat biasanya ditandai dengan teksturnya yang renyah dan tidak gosong. Bawang goreng termasuk bahan makanan yang banyak diburu oleh berbagai kalangan. Selain itu bawang goreng juga mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

Ya, alih-alih membuatnya sendiri, kebanyakan orang memilih untuk membeli bawang goreng di pasar, supermarket hingga toko online. Bukan tanpa sebab, memasak bawang goreng memang jadi pekerjaan yang susah-susah gampang.

Kalau tidak hati-hati, hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Misalnya gosong, atau teksturnya yang lembek sehingga kurang tahan lama.

Nah, buat mengatasinya biasanya kebanyakan orang menggunakan trik dengan menambahkan tepung. Membaluri irisan bawang diklaim mampu menghasilkan bawang goreng yang krispi. Selain itu, menggoreng bawang dengan minyak yang banyak juga dianggap bisa membuat bawang menjadi garing.

Ternyata, ada trik lain untuk menghasilkan bawang goreng yang krispi tanpa menambahkan tepung, lho. Akun Instagram @resep_inspirasi_debm membagikan tips tersebut, alhasil bawang goreng antilayu.

"Tips supaya bawang goreng tetap renyah selama sebulan tanpa tepung," tulisnya dikutip BrilioFood dari @resep_inspirasi_debm, Jumat (31/5).

foto 1: Instagram @resep_inspirasi_debm

Langsung saja, yuk simak triknya:

Pertama, kamu siapkan bawang merah yang akan kamu goreng. Pastikan, bawang merah ini dalam kondisi yang fresh. Lalu iris-iris bawang merah tipis-tipis. Setelah itu, siapkan wadah dan rendam bawang merah beberapa saat. Tambahkan juga 3 tetes cuka makan ke dalam wadah.

foto 1: Instagram @resep_inspirasi_debm

Langkah selanjutkan kamu perlu meniriskan bawang merah dalam rendaman air tersebut hingga lumayan kering. Kamu bisa memakai cara dengan menggerak-gerakan wadah bawang merah.

foto 2: Instagram @resep_inspirasi_debm

Setelah dirasa cukup kering, taburi bawang merah dengan sedikit garam. Ya, pastikan garam yang kamu tabur di atas bawang merah ini rata dan tidak menumpuk di satu bagian.

foto 3: Instagram @resep_inspirasi_debm

Lalu, panaskan minyak di atas kompor, dan goreng hingga berwarna kekuningan. Pada saat menggoreng, kamu juga bisa sambil mengaduk supaya kematangannya merata sempurna. Jika sudah berubah warna, segera angkap bawang yang kamu goreng.

foto 4: Instagram @resep_inspirasi_debm

Setelah matang, segera tiriskan bawang goreng. Lalu, siapkan wadah atau nampan dan beri alas tissue. Kemudian gelar bawang goreng di atas wadah tersebut. Setelah kering, simpan dalam toples dan siap dikonsumsi sewaktu-waktu.

Pemilik akun mengatakan, cara ini bisa membuat bawang goreng yang tahan lama hingga 1 bulan, lho. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya