Tanpa ditaburi baking soda, begini trik mengatasi WC mampet cuma andalkan 2 bahan dapur

Tanpa ditaburi baking soda, begini trik mengatasi WC mampet cuma andalkan 2 bahan dapur
TikTok/@skill.rumahan

Brilio.net - Kondisi WC yang mampet memang kerap jadi masalah umum yang terjadi di rumah. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penumpukan kertas toilet, tumpahan benda-benda lain yang tidak larut di dalam saluran, atau akumulasi limbah organik. Ketika WC menjadi mampet, aktivitas yang dilakukan di kamar mandi tentu akan terganggu.

Walaupun begitu, tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalnya dengan membongkar saluran air di WC dan atau memanggil jasa sedot WC. Jika ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menaburkan baking soda ke permukaan WC yang mampet. Usut punya usut, baking soda bisa membantu meluruhkan sumbatan di saluran WC.

Namun selain baking soda, kamu juga bisa menggunakan bahan lain. Ada sejumlah bahan dapur yang bisa dimanfaat untuk mengatasi WC mampet. Bahan dapur ini pernah digunakan oleh akun TikTok @skill.rumahan melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood pada Jumat (29/3), bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan cuka masak. Nah, kedua bahan dapur ini pada dasarnya memiliki sifat yang dapat membantu melarutkan atau mengurai zat-zat yang menyebabkan penyumbatan.

Dalam video tersebut, pengguna TikTok @skill.rumahan mengaku menggunakan garam krosok atau garam kasar. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunakan garam halus yang ada di dapur. Untuk takarannya, cukup siapkan 7 sdm garam dan 20 tetes cuka masak.

Tanpa ditaburi baking soda, begini trik mengatasi WC mampet cuma andalkan 2 bahan dapur

foto: TikTok/@skill.rumahan

Nah, cara pakainya, kamu bisa langsung menuang garam dan cuka ini ke lubang kloset yang mampet. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama semalaman atau 24 jam. Jika sudah, siram WC dengan air panas untuk melarutkan sisa garam dan cuka tersebut. Hal ini akan membuat WC kembali lancar seperti semula.

Tanpa ditaburi baking soda, begini trik mengatasi WC mampet cuma andalkan 2 bahan dapur

foto: TikTok/@skill.rumahan

Pada dasarnya, garam dan cuka memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengatasi WC mampet. Garam dapat membantu melarutkan atau mengurai zat-zat seperti kertas toilet atau limbah organik yang menyumbat saluran WC. Lantas ketika garam larut dalam air, ia membentuk larutan yang dapat membantu mengikis atau melarutkan penyumbatan tersebut, sehingga memudahkan air untuk mengalir.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya