Tanpa disikat dan direndam air panas, ini trik bersihkan kerak di panci cukup pakai 1 bahan sederhana

Tanpa disikat dan direndam air panas, ini trik bersihkan kerak di panci cukup pakai 1 bahan sederhana
Instagram/@jesep.ardin

Brilio.net - Panci termasuk salah satu alat dapur yang dapat mendukung aktivitas memasak. Digunakan untuk memasak berbagai jenis menu, mulai dari merebus sayuran hingga membuat sup, panci menjadi andalan di dapur. Alat dapur satu ini terbuat dari berbagai bahan, seperti stainless steel, aluminium, dan tembaga. Nah, pemilihan panci yang tepat bisa memengaruhi hasil masakan dan efisiensi dalam memasak, lho.

Pada dasarnya, selain fungsinya yang penting, kualitas panci juga sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan saat memasak. Panci berkualitas baik memiliki distribusi panas yang merata, sehingga makanan matang secara sempurna. Bahan antilengket pada panci juga memudahkan proses memasak dan pembersihan. Namun, penting untuk memperhatikan bahan panci karena beberapa dapat bereaksi dengan makanan, yang dapat memengaruhi rasa dan keamanan makanan.

Merawat panci dengan baik juga merupakan aspek penting untuk memastikan alat dapur tersebut bisa awet dan fungsional. Membersihkan panci dengan benar menjadi salah satu cara untuk memperpanjang umur panci. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa panci yang digunakan terus menerus terkena kotoran membandel, seperti kerak.

Salah satu jenis kerak yang kerap menempel pada panci ini berasal dari air rebusan. Yup, air rebusan yang mengandung mineral atau kapur seringkali meninggalkan endapan berupa kerak putih. Jika tidak langsung dibersihkan, kerak putih tersebut akan semakin tebal dan menempel kuat.

Lantas untuk membersihkan kerak di panci, sejumlah orang biasanya akan menggosoknya dengan kuat. Selain itu, ada juga yang memilih merendam panci dalam air panas supaya keraknya luntur. Tak hanya dengan dua metode tersebut, kerak panci juga bisa dihilangkan menggunakan cara yang lebih sederhana.

Lebih lanjut, seorang pengguna Instagram @jesep.ardin pernah membagikan trik membersihkan kerak di panci dengan lebih praktis. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menyikat ataupun merendam panci dalam air panas. Alih-alih menggunakan trik khusus seperti itu, dia justru mengandalkan satu bahan sederhana untuk merontokkan kerak membandel di panci.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya