Tanpa diselimuti baking soda, ini trik mengolah bistik daging sapi jadi empuk andalkan 2 bahan dapur

Tanpa diselimuti baking soda, ini trik mengolah bistik daging sapi jadi empuk andalkan 2 bahan dapur
Pixabay/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤

Brilio.net - Daging sapi cocok diolah jadi aneka masakan, bistik misalnya. Bistik daging sapi kerap dihidangkan ketika ada acara spesial, seperti pernikahan, Idul Adha, akikah, ulang tahun, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, tak sedikit orang masih keliru saat memasak daging sapi ini, sehingga teksturnya cenderung masih alot.

Daging sapi alot bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya tidak dimarinasi dulu ataupun daging dimasak terlalu lama. Nah, biar lebih empuk saat dimakan, banyak orang mencoba memarinasi daging sapi dengan baking soda terlebih dahulu sebelum dimasak.

Dilansir dari bonappetit.com, baking soda akan bekerja meningkatkan pH pada lapisan luar daging selagi dimarinasi. Jika pH daging naik, serat-serat proteinnya tak akan cepat menyatu saat dimasak, sehingga tekstur daging tetap lembut meskipun sudah dimasak sampai matang nantinya.

Namun, kalau kamu nggak ingin pakai baking soda, jangan khawatir dulu karena masih ada trik lain buat mengempukkan daging seperti yang dibagikan oleh warganet di akun TikTok @pkulover. Pria ini mengaku mendapatkan trik mengempukkan daging sapi untuk dibuat bistik ini dari ibunya. Usut punya usut, kamu cuma butuh dua bahan dapur jika ingin mempraktikkan trik ini, lho.

Sebelum memulai triknya, siapkan dulu daging sapi yang ingin dimasak. Pastikan daging sudah bersih dengan mengelapnya pakai tisu. Lalu, potong daging sapi tipis-tipis berlawanan dengan arah seratnya, supaya daging tak mudah berubah jadi alot saat dimasak nantinya.

Setelah itu, lumuri daging dengan kecap manis. Yup, kecap manis ini jadi bahan dapur pertama untuk mempraktikkan trik mengolah bistik daging sapi jadi empuk ini. Selain mengempukkan, kecap manis ini juga membantu rasa daging jadi lebih manis dan enak. Kemudian, pindahkan daging ke kulkas.

"Kita masukkan ke kulkas 30 menit," imbuh pemilik akun TikTok @pkulover, dikutip BrilioFood pada Rabu (19/6).

Tanpa diselimuti baking soda, ini trik mengolah bistik daging sapi jadi empuk andalkan 2 bahan dapur

foto: TikTok/@pkulover

Setelah dimarinasi, keluarkan daging dari kulkas dan campurkan dengan satu bahan dapur lagi, yaitu tepung maizena, gunakan sedikit saja. Dilansir dari savorytooth.com, tepung maizena bisa menjaga kelembapan daging selagi dimasak nantinya, sehingga daging tak mudah berubah jadi keras.

Usai diberi tepung maizena, daging tersebut siap ditumis jadi bistik dengan bumbu racikan sesuai selera. Pemilik akun TikTok @pkulover kali ini menggunakan bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, lada, garam, serta kecap asin.

Tanpa diselimuti baking soda, ini trik mengolah bistik daging sapi jadi empuk andalkan 2 bahan dapur

foto: TikTok/@pkulover

Hasilnya lezat dan bikin nagih.

@pkulover Bistik Sapi Super Empuk Resep Rahasia Mamakku . Iris Dagingnya Harus tipis Jadi Pakai Pisau Tajam Diamond Knife @Steincookware . Nah Untuk Kecap Kecapnya Kalian Sesuaikan Aja Ya Biar Rasanya Pas #DagingQurban #TipsMasak #PisauDiamond #BistikSapi #PipinCook edamame - bbno$

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya