Tanpa direndam sitrun, ini cara bersihkan burner kompor berkerak hitam agar kuning lagi seperti baru

Tanpa direndam sitrun, ini cara bersihkan burner kompor berkerak hitam agar kuning lagi seperti baru
YouTube/Gowthami Foods

Brilio.net - Burner kompor menjadi salah satu komponen penting yang bertanggung jawab menghasilkan api atau panas untuk memasak.

Bukan hanya kompor gas, burner juga bisa ditemukan di jenis kompor lain, seperti kompor listrik atau induksi. Namun apapun jenisnya, burner kompor biasanya memiliki bentuk mirip dan bahan sama, yakni dari logam kuningan.

Memang pada dasarnya, kuningan termasuk logam yang tahan panas dan tidak mudah rusak sekalipun terpapar api terus menerus. Walaupun begitu, burner kompor yang terbuat dari kuningan ini tetap bisa kotor dan berkerak, lho. Paparan api, debu, dan kotoran, membuat noda yang menempel di burner bisa menghambat aliran gas, sehingga api yang dihasilkan kurang maksimal.

Nah, untuk mengembalikan tampilannya jadi kuning lagi, sejumlah orang biasanya akan merendam burner dalam air yang sudah dicampur sitrun. Usut punya usut, sitrun bisa membuat burner kembali kinclong. Namun jika kamu kesulitan mendapatkan bubuk sitrun, ada bahan lain yang lebih praktis dan nggak kalah ampuh untuk menghilangkan kerak hitam di burner kompor.

Seorang pengguna YouTube Gowthami Foods pernah memaparkan lebih lanjut tentang bahan tersebut. Dilansir BrilioFood pada Sabtu (1/6), ada tiga bahan dapur yang digunakan untuk membersihkan burner kompor berkerak hitam.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya