Tanpa direndam semalaman, emak-emak ini bagikan cara basmi kerak gosong di panci pakai 2 bahan dapur

Tanpa direndam semalaman, emak-emak ini bagikan cara basmi kerak gosong di panci pakai 2 bahan dapur
foto: Instagram/@rumah3petak

Brilio.net - Panci yang berkerak atau gosong kerap jadi masalah umum saat memasak, terutama jika tidak diperhatikan dengan baik. Salah satu penyebab utama panci berkerak adalah adanya sisa-sisa makanan atau minyak yang terbakar di dasar panci saat proses memasak. Selain itu, air yang digunakan untuk memasak juga dapat meninggalkan endapan mineral yang menyebabkan kerak jika tidak dibersihkan secara teratur.

Untuk mencegah panci berkerak atau gosong, penting untuk membersihkan panci secara teratur setelah digunakan. Pakai spons atau sikat lembut dengan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa makanan atau minyak yang menempel. Selain itu, pastikan untuk mengontrol suhu dan waktu memasak dengan baik, serta menggunakan panci yang sesuai jenis kompor yang dipakai.

Namun jika panci telanjur berkerak gosong, sejumlah orang biasanya akan merendamnya semalaman dalam air. Hal ini dinilai dapat membantu melunakkan kerak dan membuatnya mudah hilang saat digosok. Walaupun begitu, metode ini terkadang tidak selalu ampuh apalagi jika kerak gosongnya sangat tebal.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru metode praktis yang dibagikan oleh emak-emak melalui akun Instagram @rumah3petak. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan tiga bahan sederhana dalam membasmi kerak gosong di panci. Nah, ada dua bahan di antaranya berasal dari dapur, lho.

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya