Tanpa direndam cuka dan baking soda, ini trik enyahkan kerak di tungku kompor pakai 1 bahan dapur

Tanpa direndam cuka dan baking soda, ini trik enyahkan kerak di tungku kompor pakai 1 bahan dapur
Instagram/@desi_daily; Instagram/@indra80wahyu

Brilio.net - Tungku pada kompor gas memiliki fungsi utama untuk menopang panci dan wajan di atasnya. Biasanya tungku terbuat dari besi yang kokoh dan tahan panas agar bisa menahan beban berat. Namun kekurangannya, tungku kompor bisa cepat kotor jika frekuensi penggunaannya cukup tinggi.

Pada umumnya, tumpahan minyak atau makanan yang dimasak menjadi penyebab utama tungku kompor jadi kotor. Bagaimana tidak, berbagai macam noda tersebut akan langsung terpapar api kompor yang panas. Saat hal ini terjadi, kotoran yang ada di tungku kompor dapat langsung terbakar dan mengering. Alhasil, noda yang kering tersebut bisa jadi kerak dan sulit dihilangkan. Walaupun begitu, bukan berarti tungku kompor tidak bisa bersih lagi seperti baru.

Sejumlah orang biasanya akan membersihkan kerak tungku kompor menggunakan campuran cuka dan baking soda. Kedua bahan ini dinilai dapat melunakkan kerak di tungku kompor, sehingga lebih mudah disikat.

Namun jika stok cuka dan baking soda di rumah sedang habis, kamu bisa menggunakan bahan lain yang nggak kalah efektif, lho. Seorang pengguna Instagram @desi_daily pernah menggunakan bahan tersebut untuk mengenyahkan kerak di tungku kompor. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku ada dua bahan sederhana yang dipakai. Nah, salah satu dari kedua bahan tersebut berasal dari dapur, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya