Tanpa dilumuri abu gosok atau batu bata, ini trik bikin telur asin bisa awet 1 bulan di suhu ruang

Tanpa dilumuri abu gosok atau batu bata, ini trik bikin telur asin bisa awet 1 bulan di suhu ruang
foto: YouTube/VideoHasan

Dengan rasa asin yang tajam dan tekstur kuning telur yang kental, telur asin sering dijadikan pelengkap berbagai hidangan atau dinikmati langsung sebagai camilan. Selain jadi camilan, telur asin juga kerap dikonsumsi sebagai lauk atau pelengkap saat makan berat.

Dilihat dari proses pembuatannya, telur asin biasanya dibuat dari bahan dasar telur bebek. Jadi telur bebek ini akan direndam dalam campuran air garam pekat, abu gosok, dan pecahan batu bata. Abu gosok dan batu bata membantu mengatur kelembapan dan distribusi garam selama proses pengasinan.

Telur-telur ini kemudian disimpan dalam wadah tertutup dan dibiarkan selama beberapa minggu hingga garam meresap sempurna ke dalam telur. Proses pengasinan telur memerlukan waktu yang cukup lama, biasanya sekitar 2-4 minggu, tergantung pada tingkat keasinan yang diinginkan. Proses yang memakan waktu lama ini bisa terasa merepotkan, karena memerlukan perhatian khusus untuk menjaga kebersihan.

Namun alih-alih menggunakan abu gosok atau batu bata, kamu bisa memakai cara lain dalam membuat telur asin dengan lebih cepat, lho. Seorang pengguna YouTube VideoHasan pernah membagikan trik bikin telur asin yang cepat hanya dalam waktu 10 hari saja. Nah, telur asin ini bahkan bisa awet di suhu ruang hingga 1 bulan lamanya.

Dilansir BrilioFood dari YouTube VideoHasan pada Minggu (8/9), pemilik kanal YouTube tersebut memilih menggunakan air garam saja untuk membuat telur asin. Lebih tepatnya, dia mengandalkan garam kasar, sedangkan telurnya menggunakan telur bebek. Ada 25 butir telur bebek yang disiapkan untuk diolah jadi telur asin.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya