Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali

Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali
YouTube/atiya taiwan

Brilio.net - Rempeyek, atau sering disebut peyek, adalah camilan yang populer sebagai pelengkap hidangan utama. Makanan ini terkenal dengan rasa gurih dan tekstur renyahnya yang menggugah selera, sering kali meningkatkan nafsu makan dan menjadi favorit banyak orang.

Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, rempeyek dibuat dari campuran tepung beras dengan berbagai bumbu dan rempah. Untuk menambah cita rasa, sering ditambahkan bahan-bahan seperti kacang tanah, teri, udang, atau daun jeruk. Proses pembuatannya juga unik, di mana adonan langsung digoreng tanpa perlu dijemur terlebih dahulu seperti kerupuk biasa.

Penggunaan tepung beras dalam adonan memungkinkan rempeyek digoreng menjadi sangat tipis, menghasilkan tekstur yang renyah dan krispi. Karakteristik ini menjadikan rempeyek sangat cocok sebagai pelengkap hidangan utama atau dinikmati sebagai camilan.

Meskipun rempeyek dapat mempertahankan kerenyahannya cukup lama, kualitas ini bisa menurun seiring waktu, terutama jika tidak disimpan dengan benar. Masalah ini sering dialami oleh banyak orang, termasuk seorang pengguna YouTube bernama atiya. Dia berbagi pengalamannya tentang rempeyek yang menjadi melempem setelah disimpan beberapa waktu.

"Ini aku udah bikin peyek tiga hari yang lalu, tapi aku bungkusnya kurang rapet. Jadi, peyekku melempem. Ini aku remas-remas, udah nggak ada suaranya," terang atiya.

Dilansir BrilioFood dari YouTube atiya taiwan pada Senin (14/10), dia memilih untuk tidak menggoreng rempeyeknya kembali. Pasalnya, menggoreng rempeyek yang sudah melempem akan membuatnya jadi lebih berminyak. Pasalnya, rempeyek sendiri termasuk makanan yang mudah sekali menyerap minyak.

Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali

foto: YouTube/atiya taiwan

Oleh karena itu, atiya menggunakan cara lain. Dia meletakkan tiga buah rempeyek ke atas piring. Lalu masukkan piring tersebut ke microwave. Selanjutnya, pencet tombol microwave dengan jangka waktu satu sampai dua menit.

Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali

foto: YouTube/atiya taiwan

Lalu biarkan rempeyek panas dan matang dengan sendirinya. Suhu panas dari microwave akan membuat sisa minyak pada rempeyek jadi semakin panas dan bikin rempeyek renyah.

Jika sudah, keluarkan rempeyek dari microwave dan diamkan selama empat menit atau sampai dingin. Saat dingin, tekstur rempeyek akan lebih kaku dan renyah. Dengan begitu, rempeyek bisa langsung dikonsumsi kembali.

Tanpa digoreng lagi, ini cara mengatasi peyek melempem agar renyah kembali

foto: YouTube/atiya taiwan

Video tentang cara merenyahkan rempeyek ini pun telah ditonton lebih dari 1,6 ribu kali. Menilik kolom komentar, ada banyak warganet yang mengaku berterima kasih karena telah mendapat video yang sangat bermanfaat.

"Sangat renyah dan gurih Semoga tambah sukses," ungkap YouTube UDI RUNGKAD.

"Sudah 1 menit peyek ambil lalu tunggu dingin mantap kriuk kriuk lagi wallaikum salam kawan bagus caranya nih," sahut YouTube Devan Bagio.

"Boleh dicoba nih kak, thanks kak tipsnya," papar YouTube Pitaloka.

"Akan di coba tipsnya.. terimakasih sharingnya kak," ujar YouTube Akha khanza.

"Thanks tips nya sangat bermanfaat," kata YouTube JALAN-JALAN. ID.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya