Tanpa cuka dan air panas, begini trik bersihkan tungku kompor berkerak dan penuh lemak pakai 3 bahan

Tanpa cuka dan air panas, begini trik bersihkan tungku kompor berkerak dan penuh lemak pakai 3 bahan
Instagram/@destiajeng

Tungku kompor yang berkerak dan penuh lemak sering menjadi masalah. Kotoran menumpuk dari sisa-sisa makanan dan minyak yang tumpah saat memasak dapat dengan cepat berubah menjadi kerak dan sulit dibersihkan. Selain mengganggu estetika dapur, kerak dan lemak ini juga dapat menurunkan kinerja kompor, mengurangi efisiensi panas, dan bahkan meningkatkan risiko kebakaran. Oleh karena itu, penting untuk rutin membersihkan dan merawat tungku kompor agar selalu dalam kondisi optimal.

Namun perlu diketahui bahwa membersihkan tungku kompor yang berkerak dan penuh lemak ini tidak bisa sembarangan. Butuh trik khusus supaya tungku kompor bisa kembali kinclong. Pasalnya, campuran kerak dan lemak di tungku kompor cenderung sulit dibersihkan karena menempel kuat.

Salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang saat membersihkan tungku kompor adalah dengan merendamnya di air panas. Ada juga yang menggunakan cuka dan sitrun untuk merontokkan kerak serta lemak membandel. Meski ampuh bikin tungku kompor jadi kinclong, namun cara ini membutuhkan waktu lama karena harus direndam berjam-jam.

Supaya lebih hemat waktu, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @destiajeng dalam membersihkan tungku kompor berkerak dan penuh lemak. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan tiga bahan sederhana. Dilansir BrilioFood dari Instagram @destiajeng pada Rabu (24/7), bahan yang dimaksud adalah baking soda, pasta gigi, dan sabun cuci piring.

 

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya