Tanpa campuran pemutih, begini cara cuci bantal dekil dan jamuran cuma pakai 3 bahan dapur

Tanpa campuran pemutih, begini cara cuci bantal dekil dan jamuran cuma pakai 3 bahan dapur
Facebook/@Fitri Rahmawati

Bantal kotor dan berjamur bisa menjadi sumber masalah kesehatan yang serius. Saat bantal tidak dirawat dengan baik, kotoran, keringat, dan sel kulit mati dapat menumpuk. Kondisi tersebut tidak hanya bisa menyebabkan bau tak sedap, tapi juga menciptakan lingkungan sempurna bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Dampak lainnya, bantal kotor ini berpotensi menyebabkan alergi dan masalah pernapasan bagi penggunanya, terutama orang yang memiliki sensitivitas atau asma.

Selain masalah kesehatan, bantal yang kotor dan berjamur juga memengaruhi kualitas tidur. Jamur dan bakteri yang tumbuh di bantal dapat menyebabkan iritasi kulit dan gatal-gatal, membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Ketidaknyamanan ini dapat mengganggu pola tidur, yang pada akhirnya berdampak negatif pada kesehatan.

Untuk mencegah bantal menjadi dekil dan berjamur, perawatan rutin sangat penting. Bantal sebaiknya dicuci secara berkala dan dijemur dengan rutin. Namun jika sudah telanjur dekil dan jamuran, bantal ini harus dicuci dengan metode khusus.

Beruntungnya, seorang pengguna Facebook Fitri Rahmawati pernah membagikan cara mencuci bantal dekil dan jamuran. Melalui salah satu video Reels yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan cairan pemutih yang keras. Namun pengguna Facebook tersebut justru mengandalkan tiga bahan sederhana yang ada di dapur.

Dilansir BrilioFood dari Facebook Fitri Rahmawati pada Kamis (26/9), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda, cuka, dan sabun garam. Sejumlah bahan tersebut kemudian dicampur dengan sabun cuci piring agar daya bersihnya semakin maksimal.

 


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya