Tanpa baking soda, begini trik hilangkan noda kuning kunyit di panci cuma pakai 1 bahan

Tanpa baking soda, begini trik hilangkan noda kuning kunyit di panci cuma pakai 1 bahan
TikTok/@trihartatiiii

Brilio.net - Kunyit termasuk rempah yang sering digunakan dalam masakan karena aroma dan warna kuningnya khas. Namun, ada satu masalah umum yang sering terjadi saat menggunakan kunyit, yakni rempah ini selalu meninggalkan noda kuning yang sulit dihilangkan. Baik ketika menempel di tangan, pakaian, hingga perabot dapur. Pancitermasuk salah satu perabot dapur yang kerap berubah jadi kuning karena digunakan untuk memasak kunyit.

Noda kuning tersebut memang disebabkan oleh senyawa pewarna alami yang terdapat dalam kunyit bernama kurkuminoid atau kurkumin. Nah, kurkumin yang menempel pada permukaan panci ini cenderung melekat kuat dan sulit dihilangkan jika hanya dicuci seperti biasa menggunakan sabun. Oleh sebab itu, banyak orang dilema saat memasak kunyit karena noda kuningnya ini.

Walaupun begitu, ada sejumlah orang yang turut memutar otak saat hendak menghilangkan noda kunyit di panci. Salah satunya adalah dengan menggunakan baking soda. Jadi, baking soda ini akan dicampur dengan air hangat dan sabun cuci piring untuk kemudian dioleskan ke permukaan panci yang terkena noda kuning kunyit.

Namun selain dengan baking soda, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan noda kuning kunyit di panci, lho. Bahan ini pernah dipaparkan oleh pengguna TikTok @trihartatiiii. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bahan sederhana yang ada di rumah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya