Tak perlu tepung atau soda kue, ini cara bikin telur barendo ala Padang yang renyah dan keriting

Tak perlu tepung atau soda kue, ini cara bikin telur barendo ala Padang yang renyah dan keriting
foto: Instagram/@aaron_laksana

Telur barendo menjadi salah satu menu favorit di rumah makan khas Padang. Olahan telur satu ini memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih. Tak hanya itu, bentuk telur yang keriting dan berongga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak orang memilihnya sebagai lauk makan.

Pada dasarnya, telur barendo bisa dibuat seperti adonan telur dadar biasa. Namun untuk menghasilkan bentuk keriting, telur memang perlu digoreng dengan teknik khusus. Biasanya adonan telur akan digoreng dengan minyak banyak, sehingga menghasilkan bagian tepi yang renyah dan keriting, sementara bagian tengahnya tetap lembut.

Selain teknik menggoreng, hal lain yang perlu diperhatikan adalah adonan telur dadarnya. Beberapa orang biasanya menggunakan bahan tambahan seperti tepung untuk meningkatkan tekstur telur saat digoreng. Dalam beberapa kasus, ada juga yang menambahkan soda kue ke dalam campuran adonan telur agar bisa mengembang dan kering.

Tapi sebenarnya, kamu tetap bisa membuat telur barendo yang renyah maksimal dan keriting meski tanpa tambahan bahan-bahan tersebut. Seorang chef bernama Aaron Laksana pernah membuktikannya melalui salah satu video yang diunggah. Konter kreator satu ini mengaku hanya menggunakan telur sebagai bahan dasar pembuatan telur barendo.

 

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya