Tak perlu presto atau cabut tulang, ini cara jitu siangi ikan bandeng agar bebas duri tajam

Tak perlu presto atau cabut tulang, ini cara jitu siangi ikan bandeng agar bebas duri tajam
Jangan sembarangan melakukan caranya |

Akhirnya, ia mencoba cara lain yang menurutnya lebih efektif, yaitu mengiris tubuh ikan bandeng. Tapi, cara mengirisnya juga nggak bisa sembarangan, karena fungsi utamanya untuk memotong tulang atau duri yang ada di daging ikan, sehingga ukurannya jadi lebih kecil.

"Jadi sebenarnya tulangnya nggak hilang, tapi setelah dimasak, saat kita makan, tulangnya nggak akan terasa," katanya.

Bagian pertama yang harus diiris yakni pada punggung ikan tepat di atas perut. Iris daging ikan sampai ada mengeluarkan bunyi yang artinya tulang sudah sukses terbelah. Jarak antara masing-masing irisan bisa diatur sebanyak 0,5 cm saja.

"Jadi ngirisnya itu hanya 0,5 cm jaraknya, jangan sampai 1 cm karena masih kepanjangan durinya, jangan juga terlalu rapat nanti hancur dagingnya," jelasnya.

Tak perlu presto atau cabut tulang, ini cara jitu siangi ikan bandeng agar bebas duri tajam

foto: YouTube/Adit Makarti

Berbeda untuk bagian daging ikan bandeng yang sudah mendekati ekor, harus diiris sampai ke bawah, bukan hanya setengahnya. Sebab, bagian ini memiliki tulang atau duri paling banyak. Jarak antara irisan satu dengan lainnya juga sama, yakni 0,5 cm. Kalau sudah, lakukan hal yang sama pada sisi lain ikan bandeng.

Tak perlu presto atau cabut tulang, ini cara jitu siangi ikan bandeng agar bebas duri tajam

foto: YouTube/Adit Makarti

Ikan bandeng yang sudah disiangi seperti ini berarti siap diolah jadi hidangan apapun sesuai selera. Gimana, sekarang sudah nggak perlu takut lagi makan ikan bandeng, ya? Karena tulang atau durinya bisa diatasi biar tetap aman saat dikonsumsi.

Penggemar ikan bandeng yang belum tahu cara ini, wajib mencobanya di rumah. Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube Adit Makarti, banyak warganet yang merasa terbantu dengan cara menyiangi ikan bandeng ini, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari sejuta kali.

"MasyaAllah,, semoga rejekinya abang melimpah dan pahalanya mengalir, selama ilmunya digunakan orang. Saya suka sekali ikan bandeng, cuma ga suka sama Durinya. Kalau mau makan cabut duri harus ke resto, dan harga per porsinya mahal. Terima kasih untuk berbagi video ini bang," kata YouTube ddundeez.

"Terima kasih ilmunya mas Adit ," ujar YouTube Dalang Cilik Arfian.

"Mantap mas tipsnya,kapan2 mau saya coba,selama ini saya pengen masak ikan bandeng, karena bandeng banyak duri didagingnya makanya saya jadi males belinya,tapi setelah nonton video ini saya jadi semangat pengen beli dan masak ikan bandeng ," cetus YouTube Nova Merina.

"Alhamdulillah saya sudah mempraktekkan hal sama om,alhasil jadi aman makannya," ungkap YouTube BHOTYUDI2115.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya