Tak perlu pakai sitrun, ini trik bersihkan noda gosong di pantat wajan cukup tambah 1 bahan sederhana

Tak perlu pakai sitrun, ini trik bersihkan noda gosong di pantat wajan cukup tambah 1 bahan sederhana
Instagram/@myversionofzen

Brilio.net - Pantat wajan akan berubah kotor karena gosong usai sering terpapar api kompor. Noda gosong di pantat wajan ini sulit dibersihkan apabila hanya digosok dengan spons dan sabun cuci piring saja. Makanya kamu harus tahu sejumlah trik supaya wajan di rumah bisa bebas noda gosong.

Salah satu triknya bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan sitrun atau citric acid. Bahan ini bisa kamu beli di e-commerce atau toko kelontong di sekitar tempat tinggalmu. Usut punya usut, sitrun mengandung asam cukup tinggi untuk membantu mengusir noda gosong pada alat masak.

Namun, kalau kamu nggak ingin ataupun kesulitan mencari sitrun di pasaran, jangan khawatir dulu karena masih ada satu trik lagi. Trik bersihkan noda gosong di pantat wajan tanpa sitrun ini sempat dibagikan oleh pengguna akun Instagram @myversionofzen. Warganet satu ini menjelaskan, kamu bisa mengandalkan satu bahan sederhana.

Langsung intip triknya, yuk.

Pertama, kamu butuh selembar kain, serbet, atau lap bersih. Basahi kain tersebut dengan cuka, kemudian letakkan di atas pantat wajan selama 10 sampai 15 menit.

"Kita pakai kain untuk mastiin semua kerak-kerak gosongnya terkompres," tegas pemilik akun Instagram @myversionofzen, dikutip BrilioFood pada Selasa (4/6).

Setelah dikompres dengan cuka, sisihkan dulu kainnya. Kemudian, olesi pantat wajan dengan pasta gigi. Yup, pasta gigi inilah bahan inti untuk mempraktikkan trik bersihkan noda gosong di pantat wajan ini.

Tak perlu pakai sitrun, ini trik bersihkan noda gosong di pantat wajan cukup tambah 1 bahan sederhana

foto: Instagram/@myversionofzen

Tak sampai situ saja, agar proses pembersihan noda gosong lebih efektif, kamu juga bisa menambahkan sabun cuci piring ataupun garam secukupnya. Selanjutnya, gosok pantat wajan dengan spons kasar hingga semua noda gosongnya hilang.

Jika pantat wajan sudah bebas dari noda gosong, langsung bilas dengan air mengalir sampai tak ada lagi sisa pasta gigi ataupun sabun. Keringkan wajan, lalu siap disimpan atau digunakan kembali untuk masak.

Tak perlu pakai sitrun, ini trik bersihkan noda gosong di pantat wajan cukup tambah 1 bahan sederhana

foto: Instagram/@myversionofzen

Wah, praktis banget kan trik bersihkan noda gosong di pantat wajan ini? Mengintip unggahan Instagram @myversionofzen yang sudah ditonton 860 ribu kali, tak sedikit warganet lain meninggalkan komentar antusias tentang trik bersih-bersih panci ini ataupun membagikan trik lain.

"Aku memilih pake amplas ...lebih mudah cepat ...modal ga bnyak
Kalo pake itu masih beli cuka masih beli odol
Masih sabun
Maaahhhaaaalll," tulis Instagram @ayoexicha.

"Dioles pakai saos tomat, diamkan beberapa jam terus dicuci juga bisa bersih," timpal Instagram @didikkridonusantoro.

"Klo ak didihin air trus kasih 2sdm sodium pecarbonate, rendem semaleman..ilang deh tuh kerak di wajan..tp ini cara yg ok juga tar tak coba sekalian tajamin mata pisau blender," kata Instagram @alegra1025.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya