Tak perlu kapur barus, ini trik mengusir semut secara alami cukup pakai 1 bumbu dapur

Tak perlu kapur barus, ini trik mengusir semut secara alami cukup pakai 1 bumbu dapur
Instagram/@safaralles

Brilio.net - Semut seringkali menjadi hama yang mengganggu di dapur dan berbagai sudut rumah. Serangga satu ini kerap datang dalam jumlah besar, merayap di atas meja, dinding, dan bahkan masuk ke dalam makanan yang tersisa. Kehadiran semut bukan hanya menjengkelkan, tetapi juga bisa menimbulkan risiko kesehatan, terutama jikasemutmembawa bakteri atau kotoran dari luar.

Meski ukurannya kecil, koloni semut bisa sangat sulit diusir, karena mereka cepat beradaptasi dan kembali ke tempat yang sama setelah diusir. Salah satu cara umum untuk mengusir semutadalah dengan menggunakan kapur barus, yang terkenal efektif dalam mengusir berbagai jenis serangga, termasuk semut. Kapur barus bekerja dengan cara menyebarkan aroma yang tidak disukai oleh semut, sehingga mereka enggan mendekati area yang telah ditaburi kapur barus.

Namun, meskipun efektif, penggunaan kapur barus memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Kandungan bahan kimia dalam kapur barus, seperti naftalena, dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika terhirup atau tertelan, terutama bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Mengingat potensi bahaya dari kapur barus, banyak orang kini beralih ke cara-cara alami untuk mengusir semut dari rumah.

Tak perlu kapur barus, ini trik mengusir semut secara alami cukup pakai 1 bumbu dapur

foto: Instagram/@safaralles

Pengguna Instagram @safaralles merupakan salah satu orang yang menggunakan cara alami dalam mengusir semut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bumbu dapur. Dilansir BrilioFood pada Kamis (29/8), bumbu dapur yang dimaksud adalah lada bubuk.

Tak perlu kapur barus, ini trik mengusir semut secara alami cukup pakai 1 bumbu dapur

foto: Instagram/@safaralles

Cara pakainya, kamu bisa langsung menaburkan lada ini ke area yang sering didatangi semut. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @safaralles menaburkan lada bubuk di lantai yang penuh dengan semut. Setelah itu, dia mendiamkannya selama sesaat.

Tak lama setelah ditaburi lada, semut mulai pergi dengan sendirinya. Memang pada dasarnya, lada bubuk bisa mengusir semut karena kandungan senyawa aktif di dalamnya, terutama piperin, yang memiliki aroma dan rasa kuat dan menyengat. Semut memiliki indra penciuman yang sangat sensitif, dan aroma tajam dari lada bubuk dapat mengganggu dan menutupi jejak feromon yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dan mencari makanan.

Tak perlu kapur barus, ini trik mengusir semut secara alami cukup pakai 1 bumbu dapur

foto: Instagram/@safaralles

Ketika semut mendeteksi bau lada bubuk, mereka cenderung menghindari area tersebut karena merasa tidak nyaman dan tidak dapat mengikuti jalur yang biasa mereka gunakan. Selain itu, lada bubuk juga bisa menyebabkan iritasi pada semut, membuat mereka lebih memilih menjauh dari area yang telah ditaburi lada. Dengan menggunakan lada bubuk sebagai pengusir semut, kamu bisa memanfaatkan cara alami yang aman dan efektif tanpa harus menggunakan bahan kimia yang berpotensi berbahaya.

Telah ditonton lebih dari 4.000 kali, banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan di kolom komentar. Sejumlah warganet ini mengungkapkan beberapa tanggapan yang beragam. Di antaranya, ada yang membagikan saran lain dalam mengusir semut di rumah.

"Wah idenya cemerlang syekalii kakak," tulis Instagram @pipithafizh.

"Sy klo ada gerombolan semut biasanya pake doa nabi Sulaiman surah an naml ayat 30 31 kak.. Alhamdulillah pd pergi sendiri itu gerombolan para semut," komenar akun Instagram @meylina.ma.

"mashaallah alhamdulillah kak kakak mau sharinh, saya makasih malahan jadi tau mba, baik mba aku coba juga ah besok mba," sahut Instagram @safaralles.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya