Tak perlu direbus sitrun, ini trik cuci lap dapur dekil dan berminyak cukup tambah 1 bahan dapur

Tak perlu direbus sitrun, ini trik cuci lap dapur dekil dan berminyak cukup tambah 1 bahan dapur
foto: Instagram/@dapuremamarini

Brilio.net - Kebersihan lap dapur penting dijaga karena jika kotor dan dekil, pasti nggak maksimal menyerap noda. Selain itu, lap dapur yang kotor dapat menjadi sumber bakteri dan menyebabkan kontaminasi silang (kontaminasi yang terjadi secara tidak langsung sebagai akibat ketidaktahuan dalam pengolahan makanan) yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Untuk mencegah hal tersebut, lap dapur harus rutin dibersihkan, terlebih jika intensitas penggunaannya cukup tinggi. Mencuci lap dapur pada dasarnya bisa dilakukan seperti halnya mencuci pakaian biasa. Kamu dapat menggunakan detergen dan menggosoknya dengan sikat.

Sayangnya dalam beberapa kasus, lap dapur yang penuh noda membandel dan minyak tidak bisa dicuci dengan cara biasa seperti itu. Noda minyaknya cenderung menempel dan membuat lap dapur jadi licin karena ada residu yang tersisa. Hal ini membuat lap dapur jadi bau apek dan kurang nyaman digunakan.

Lantas untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan khusus, seperti sitrun. Jadi, lap dapur dekil dan berminyak biasanya akan direbus bersama campuran sitrun agar seluruh nodanya luruh maksimal. Memang pada dasarnya, sitrun jadi bahan yang kerap diandalkan dalam menghilangkan berbagai macam noda, termasuk noda minyak di lap dapur.

Namun alih-alih menggunakan sitrun yang susah didapat, kamu bisa menggunakan bahan praktis lainnya, lho. Bahan ini pernah digunakan oleh pemilik akun Instagram @dapuremamarini. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan detergen cair saat mencuci lap dapur dekil dan berminyak. Namun agar noda membandelnya bisa luruh dengan lebih maksimal, ada satu bahan dapur yang ditambahkan untuk mencuci kain lap ini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya